Keindahan Pantai Jogan dengan Air terjunnya

post-featured-image

Keindahan Pantai Jogan dengan Air terjunnya

Pantai Jogan Yogyakarta adalah sebuah tempat wisata yang antimainstrem. Obyek wisata Gunung Kiduul yang satu ini memiliki keunikan yang tak ditemukan di tempat lain. Pantai Jogan adalah pantai yang memiliki air terjun kecil yang mempesona. Ketika musim hujan tiba, debit air terjun akan deras dan terlihat indah. Sedangkan ketika musim kemarau panjang, debit air terjun tak terlalu banyak sehingga kurang mempesona.

gondola pantai jogan
pantai jogan

Destinasi wisata Jogja ini belum banyak diketahui orang. Jadi ketika Kamu kesan, jangan heran jika lokasi wisatanya sepi pengunjung. Tapi inilah yang menjadi daya tarik tersendiri. Kamu bisa bebas mengeksplorasi Pantai Jogan ini karena masih jarang wisatawan yang berkunjung kesana.
Untuk menikmati keindahan air terjun Pantai Jogan, terdapat dua cara. Cara pertama yaitu dengan cara Canyoing. Cara ini membutuhkan keberanian ekstra dan harus memiliki perlatan lengkap untuk melakukannya. Sedangkan cara kedua adalah dengan cara rappeling. Yaitu dengan cara menapaki turunan yang licin dan basah. Dibutuhkan ekstra kesabaran dan kehati-hatian jika melakukan cara kedua ini. Jika Kamu malas untuk trekking menyusuri air terjun, maka Kamu bisa duduk-duduk santai menikamati keindahan Pantai Jogan dari kejauhan. Itu sudah cukup menyenangkan, kok!

Lokasi Pantai Jogan

Lokasi Pantai Jogan terletak di Tepus, Gunungkidul, Yogyakarta. Perjalanan kesana dari Kota Jogja membutuhkan waktu dua jam perjalanan. Banyaknya plang jalan dan mudahnya lokasi untuk dilihat di google maps membuatmu semakin mudah terbantu untuk menemukan lokasi pantai itu. Jalan menuju kesana sudah cukup bagus.
Lokasi Pantai Jogan juga berdekatan dengan deretan wisata pantai gunung kidul lainnya. Di sebelah barat Pantai Jogan Gunungkidul terdapat Pantai Nglambor dan Pantai Siung Gunung Kidul. Sedangkan di sebelah timurnya terdapat Pantai Timang. Jadi jika Kamu belum puas di Pantai Jogjan, maka bisa mampir ke pantai-pantai Gunung kidul terdekat lainnya.

 

Rute Pantai Jogan

Rute menuju Pantai Jogan Gunung Kidul ini cukup mudah dijangkau. Dengan akses jalan yang mulus, perjalanan dari Kota Yogyakarta menuju kesana bisa ditempuh menggunakan mobil, motor maupun bus. Disepanjang jalan juga sudah terdapat papan petunjuk yang memudahkan mencari rute Pantai Jogan.
Rute yang bisa Kamu ambil yaitu dari pusat Kota Yogyakarta menuju ke Jalan Imogiri Barat. setelah itu ikuti jalan menuju ke daerah atau jalan Siluk Panggang. Ketika melewati kertigaan ke arah Wonosari, jalan terus mengikuti Jalan Pantai Selatan Jawa. Ambil rute yang mengarahkan ke pertigaan arah selatan atau arah Pantai Siung. Ikuti jalan tersebut hingga sampai ke Pantai Jogan
Perjalanan bisa ditempuh dengan estimasi waktu 2-2,5 jam perjalanan dengan jarak 80 kilometer. Di sepanjang perjalanan, Kamu akan dimanjakan dengan pemandangan yang indah. Pemandangan sawah dan perkebunan akan mendominasi dan menjadi penyejuk ketika perjalanan menuju Pantai Jogan.

 

Harga Tiket Masuk Pantai Jogan

Harga tiket masuk ke Pantai Jogan cukup terjangkau. Seorang pengunjung hanya dikenakan biaya masuk Rp.10.000/orang. Itu pun sudah mencakup destinasi wisata lain yang ada di sekitar Pantai Jogan seperti Pantai Siung dan Pantai Nglambor. Sedangkan biaya parkirnya pun juga murah. Yaitu sebesar Rp.3000 untuk motor, untuk parkir mobil Rp.5000, dan untuk parkir bus sebesar Rp.20.000. Jadi sangat hemat ketika Kamu berkuunjung kesini.

 

Fasilitas Pantai Jogan
Fasilitas Pantai Jogan masih dapat dibilang cukup minim. Pengelola wisata memang terlihat kurang mengembangkan destinasi wisata disana dengan baik. Beberapa fasilitas yang bisa ditemukan di Pantai Jogan yaitu seperti Gazebo, Kamar Mandi, warung makan dan minum hingga tempat parkir yang cukup luas. Meskipun fasilitsnya minim seperti itu, namun Pantai Jogan ini sangat layak untuk dikunjungi.

 

Waktu Terbaik Bekunjung ke Pantai Jogan

Jika Kamu ingin berkunjung ke Pantai Jogan, maka waktu terbaik untuk kesana adalah ketika akhir musim hujam. Di waktu tersebut, cuaca masih sangat bersahabat. Selain itu karena musim penghujan, debit air terjun pun bisa cukup banyak. Sehingga air terjun pantai Jogan terlihat istimewa.
Kamu bisa memulai perjalanan ke Pantai Jogan pada waktu pagi hari. Ketika kesana waktu pagi hari, matahari belum terlalu terik sehingga Kamu pun bisa lebih menikmati pemandangan di Pantai Jogan dengan nyaman. Selain itu, jika kesana pada waktu pagi hari, perjalanan kembali ke Yogyakarta tidak akan terlalu kesorean.

rock climbing pantai jogan
rock climbing pantai jogan

 

Hal Menarik lainnya Tentang Pantai Jogan

Pantai Jogan ini merupakan destinasi wisata yogyakarta yang masih jarang dikunjungi oleh wisatawan. Hal itu karena memang dari segi pengelolaan, destinasi wisata ini terlihat kurang dikeola dengan baik. Maka promosi wisata ini pun jarang sekali dilakukan. Namun meskipun begitu, Pantai Jogan ini sangat menarik untuk dikunjungi. Keunikan pantai yang memiliki air terjun adalah ciri khas yang tidak bisa ditemukan di tempat manapun. Apalagi pemandangannya pun juga tak kalah menyejukkan. Kamu akan melihat tebing-tebing khas Gunung Kidul ditambah dengan hamparan samudera yang sangat indah.

air terjun pantai jogan
air terjun pantai jogan

Beberapa tips yang bisa Kamu ikuti ketika akan pergi kesana yaitu jangan lupa untuk membawa sandal yang nyaman untuk dipakai perjalanan. Pastikan sandal yang Kamu gunakan tidak licin sehingga aman untuk digunakan trekking. Selain itu, kamu bisa membawa pakaian ganti serta menyiapkan makanan ringan karena disana sangat jarang sekali penjual makanan.
Perjalanan panjang dari Kota Yogyakarta menuju ke Pantai Jogan akan terbayarkan ketika Kamu nanti bisa melihat langsung keindahan pantainya. Dengan suasana yang masih sepi, Kamu akan merasakan seperti berkunjung ke tempat wisata dengan konsep private. Sangat menyenangkan!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *