Berburu Sunrise ke Gunung Ireng

post-featured-image

Berburu Sunrise ke Gunung Ireng

 

Biasanya tempat paling tepat untuk menikmati keindahan sunset adalah pantai. Sedangkan untuk melihat keindahan sunrise biasanya adalah di puncak gunung atau bukit. Jogja selain menawarkan beragam lokasi wisata pantai jogja untuk menikmati sunset, ternyata juga memiliki beberapa spot menarik untuk menikmati sunrise. Salah satunya ada di daerah Gunungkidul yaitu Gunung Ireng. Tempat tersebut sudah tidak asing lagi bagi para fotografer landscape karena pesona sunrise dari tempat tersebut tidak pernah mengecewakan. Jadi buat kamu yang suka foto-foto dan ingin menikmati sunrise, Gunung Ireng merupakan lokasi yang tepat.

Meskipun wisata ini dinamakan Gunung Ireng, namun sebenarnya untuk menuju ke puncak tidak membutuhkan waktu berjam-jam. Gunung Ireng ini malah lebih menyerupai bukit. Dinamakan ireng karena jika diartikan berarti hitam. Nama itu diberikan karena di atas puncak Gunung Ireng tersebut tidak ada tumbuhan yang tumbuh. Hanya ada area bebatuan hitam yang tajam dan pemandangan kehijauan dari kejauan. Karena itulah, kemudian lokasi wisata tersebut diberi nama Gunung Ireng atau Gunung Hitam.

lokasi gunung ireng
lokasi gunung ireng

Jika Kamu akan datang ke lokasi wisata Gunung Ireng, maka sebaiknya persiapkan alas kaki yang nyaman. Minimal menggunakan sandal gunung atau sepatu sport. Sehingga ketika Kamu berjalan menaiki Gunung Ireng akan lebih nyaman dan anti selip. Kemudian ketika naik keatas, jangan lupa persiapkan bekal makanan atau minuman. Di atas Gunung Ireng tidak ada penjual makanan. Penjual makanan hanya ada di sekitar area retribusi saja. Jadi daripada menahan lapar dan haus, lebih baik mempersiapkan diri terlebih dahulu.

Wisata Gunung Ireng juga masih terjaga kealamiannya. Apalagi jika Kamu kesana pada pagi hari. Suasana berkabut bisa Kamu dapatkan dan udara pun terasa sejuk. Namun ketika siang hari, udara sudah mulai terik dan terasa kurang nyaman. Kamu pun bisa kesini pada sore hari untuk menikmati suasana alam pedesaan yang masih asri. Dari atas Gunung Ireng terlihat hamparan persawahan milik warga yang keliatan cantik sekali. Sesekali berfotolah dengn background persawahan itu agar mendapatkan hasil foto yang ciamik!

Spot foto favorit para wisatawan ketika berkunjung ke Gunung Ireng adalah di sebuah gubuk kayu yang tampak menarik. Ketika kamu ingin menikmati sunrise disana maka jangan lupa untuk memantau perkiraan cuaca terlebih dahulu. Jika hari itu cerah maka tidak ada salahnya untuk datang kesana. Namun jika cuaca kurang bersahabat sebaiknya ditunda dulu hingga menemukan hari yang tepat untuk menikmati sunrise yang indah di atas puncak Gunung Ireng. Dari atas puncaknya kamu bisa melihat hamparan sawah dan hutan-hutan kehijauan yang menyejukkan mata. Jika kamu beruntung, terkadang kabut-kabut tipis menyelimuti kawasan tersebut. Tentu akan semakin mempercantik hasil fotomu ketika kamu berkesempatan menikmati momen tersebut.

 

Lokasi Gunung Ireng

 

Lokasi Gunung Ireng berada di Dusun Srumbung, Desa Pengkok, Kecamatan Pathuk, Gunungkidul.  Perjalanan dari Kota Jogja menuju ke lokasi Gunung Ireng sekitar 45 kilometer dengan estimasi waktu hingga satu jam perjalanan. Jadi jika kamu ingin mendapatkan pesona sunrise di atas puncak Gunung Ireng, datanglah sebelum subuh agar waktu sampai di puncaknya kamu bisa mendapatkan sunrise yang ditunggu-tunggu.

harga tiket masuk gunung ireng
harga tiket masuk gunung ireng

Lokasi Gunung Ireng yang terletak di pedesaan, membuat perjalanan kesana menjadi semakin menyenangkan. Di sepanjang perjalanan, Kamu akan menikmati pemandangan indah khas pedesaan. Jalan kesana pun mudah dilalui dan aman.

Rute Gunung Ireng

Rute menuju Gunung Ireng agak sedikit mblusuk. Untuk bisa kesana, dari Kota Jogja Kamu bisa mengambil rute ke arah ringroad timur. Setelah itu, ambil rute ke arah jalan Wonosari. Ikuti terus jalan itu hingga melewati Bukit Bintang. Setelah Bukit Bintang, Kamu akan menemukan perempatan Rdio GCD. Sesampainya di perempatan itu, ambil ke arah kanan. Kemudian ikuti jalan hingga sampai di Desa Pengkok. Kemudian setelah sampai di Balai Desa Pengkok, lanjutkan perjalanan sampai menemukan pertigaan Kebun Kuning. Dari lokasi itu, Kamu bisa mengambil ke arah kanan kemudian sampailah Kamu ke Gapura Gunung Ireng.

tracking gunung ireng
tracking gunung ireng

Sayangnya, untuk menuju ke Lokasi Gunung Ireng masih sedikit plang atau petunjuk jalan menuju lokasi. Namun tenang saja, jalan menuju kesana sudah beraspal bagus dan mulus. Mudah untuk dilalui motor maupun mobil. Namun sangat tidak memungkinkan untuk dilalui bus. Jika Kamu berencana kesana, maka sebaiknya gunakan Google Maps agar menemukan rute yang tepat dari Gunung Ireng ini. Kemudian jangan merasa sungkan untuk bertanya kepada warga sekitar. Jika malu bertanya, Kamu akan kesusahan sendiri menemukan lokasi Gunung Ireng.

Harga Tiket Masuk Gunung Ireng

Harga tiket masuk ke wisata Gunung Ireng pun juga sangat terjangkau. Untuk tiket masuknya per orang hanya dikenakan biaya Rp. 3.000 saja. Sedangkan untuk biaya parkir motornya hanya Rp. 2.000. Wisata jogja murah ini memang benar-benar ramah untuk kantong Kamu. Selain murah, pemandangan disana juga sangat memanjakan mata. Jadi ini adalah destinasi wisata yang reccomended untuk dikunjungi.

Fasilitas Gunung Ireng

Meskipun Gunung Ireng ini biasanya hanya ramai ketika weekend dan hari libur saja, namun fasilitas yang ada disana juga cukup lengkap. Beberapa fasilitas yang ada disana yaitu mulai dari adanya parkir yang memadai, kamar mandi, warung, hingga gazebo untuk tempat bersantai. Fasilitas tersebut cukup membuat nyaman pengunjung yang datang kesana. Meskipun dikelola oleh warga setempat, Gunung Ireng teap bisa menjadi destinasi wisata yang digemari oleh banyak kalangan. Apalagi tempat ini biasanya menjadi tempat favorit bagi para fotografer.

rute gunung ireng
rute gunung ireng

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *