Camping di Pantai Jungwok

post-featured-image

Camping di Pantai Jungwok

Yogyakarta memang menjadi kota yang menyiadakan paket komplit untuk urusan wisata. Jika kamu akan berlibur ke Jogja dan ingin mengunjungi wisata pantai maka destinasi wisata Gunung kidul adalah tujuan yang tepat. Tapi akhir-akhir ini jika musim libur datang, wisata pantai di Gunungkidul selalu ramai oleh wisatawan. Kadang kondisi ramai malah akan membuat suasana liburan semakin kurang menyenangkan. Jika Kamu ingin liburan ke tempat yang cukup jarang dikunjungi wisatawan, maka Kamu bisa memilih pergi ke Pantai Jungwok
Pantai Jungwok Gunung Kidul ini adalah salah satu pantai Gunung Kidul yang tidak terlalu ramai namun memiliki pemandangan indah.

private beach pantai jungwok

Pantai Jungwok memiliki keindahan berupa pasir putih, karang-karang curam, dan bukit yang mengelilingi pantai. Ombak di Pantai Jungwok juga tidak terlalu besar. Aktivitas bermain air di bibir pantai pun juga sangat aman. Apalagi pantai itu juga memiliki bibir pantai yang cukup luas. Jadi biasanya orang-orang seringkali datang kesana untuk camping.
Ide campaing di Pantai Jungwok adalah pilihan yang tepat. Mengingat di sekitar Pantai Jungwok juga jarang sekali ada penginapan. Jadi manfaatkanlah area camping di bibir Pantai Jungwok jika Kamu tertarik untuk menginap di sekitar Pantai Jungwok. Kamu akan mendapatkan pengalaman yang tak terlupakan.

Lokasi Pantai Jungwok

Lokasi Pantai Jungwok berada di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasi Pantai Jungwok ini jauh dari Kota Yogyakarta. Bahkan Pantai Jungwok ini malah dekat dengan pantai-pantai yang ada di pacitan. Untuk estimasi waktu sampai di lokasi wisata, Pantai Jungwok membutuhkan waktu 2,5 jam hingga 3 jam perjalanan.
Meskipun cukup jauh dari Kota Yogyakarta, namun akses jalan menuju kesana sudah cukup baik. Semua jalan sudah beraspal bagus dan rapi. Namun penerangan jalan masih cukup minim, sehingga harus ekstra hati-hati ketika akan melakukan perjalanan kesana pada waktu sore atau malam hari.
Baik kendaraan motor dan mobil bisa menjangkau lokasi wisata pantai Jungwok ini. Namun jika menggunakan bus besar akan sangat menyusahkan. Ketika masuk ke area Pantai Jungwok pun jalannya cukup sempit jika menggunakan bus besar. Jadi untuk yang ingin datang bersama rombongan, usahakan untuk memakai kendaraan kecil saja ya!

Rute Pantai Jungwok

Rute Pantai Jungwok ini cukup mudah dijangkau. Untuk menuju kesana, dari pusat Kota Yogyakarta Kamu perlu mengambil jalan menuju ke Jalan Imogiri Barat. Setelah itu ikuti jalan menuju Siluk Panggang. Kamu pun terus berjalan hingga mengikuti Jalan Pantai Seatan Jawa. Di pertigaan arah selatan, ambil rute lurus terus ke arah Wediombo Jungwok. Ikuti terus jalan menuju Pantai Jungwok dan Kamu akan sampai disana.
Selain melalui rute Siluk Panggang, Kamu pun bisa mengambil rute lewat Jalan Wonosari. Namun jalan ini seringkali ramai dan penuh kendaraan. Apalagi ketika musim liburan tiba, tak jarang juga macet di daerah tersebut.

pantai jungwok
pantai jungwok

Dengan mengambil rute Pantai Jungwok Jogja tersebut, Kamu bisa sampai di Pantai Jungwok dengan estimasi waktu jarak sekitar 85 kilometer. Meskipun jauh, namun perjalanan jauh itu akan tergantikan dengan pemandangan yang indah. Di sepanjang perjalanan menuju kesana pun Kamu akan disambut dengan pemandangan indah yang menyegarkan mata.

Harga Tiket dan Parkir Pantai Jungwok

Harga tiket masuk Pantai Jungwok sekitar Rp 10.000 per orangnya. Sedangkan untuk biaya parkir di Pantai Jungwok Yogyaka rta, Kamu akan dikenakan biaya Rp.3000 untuk motor dan Rp.5000 untuk mobil. Itu biaya yang sangat murah namun pemandangan yang ditawarkan sangat melebihi harga masuk lokasi wisatanya.

pantai jungwok
pantai jungwok

Fasilitas Pantai Jungwok

Fasilitas Pantai Jungwok cukup memadai. Jika Kamu ingin melakukan camping disana, terdapat camping area khusus di bibir pantai yang sangat luas. Tak perlu takut keseret ombak karena dari segi keamanan sudah terjaga. Untuk fasilitas yang ada disana antara lain ada mushola, kamar mandi, gazebo, tempat duduk, camping area, warung, hingga lokasi parkir yang luas.

pantai jungwok
pantai jungwok

Untuk warung yang ada di Pantai Jungwok Gunung kidul, tidak setiap hari buka. Jadi untuk berjaga-jaga saja, sebaiknya Kamu membawa bekal makanan dan minuman yang cukup dari rumah. Sehingga bisa mengantisipasi jika warung yang ada di Pantai Jungwok tidak buka.

Hal Lainnya Tentang Pantai Jungwok

Jika kamu ingin menikmati keindahan Pantai Jungwok ini, jangan ragu untuk membawa perlengkapan camping dan cobalah untuk bermalam disana. Memang Pantai Jungwok ini juga terkenal dengan mitos sebagai pantai yang seram. Namun karena sekarang ini sudah dikelola dengan baik dan mulai banyak wisatawan yang datang kesana, wajah seram Pantai Jungwok ini semakin memudar.
Hal yang perlu diperhatikan jika Kamu ingin melakukan camping di area Pantai Jungwok, maka sebaiknya meminta izin terlebih dahulu kepada pengelola pantai setempat. Hal itu agar keamananmu tetap terjaga. Biasanya akan dikenakan biaya khusus untuk pengunjung yang ingin bermalam atau camping di area Pantai Jungwok Camp. Namun biayanya tidak mahal, kok!
Kemudian persiapkan alat-alat camping yang Kamu butuhkan seperti tenda, sleeping bag, hingga kompor jika diperlukan. Jangan lupa membawa air mineral yang cukup karena disana cukup susah mendapatkan air bersih dan juga beberapa warung pun jarang buka jika bukan hari-hari liburan.
Pada waktu pagi hari, Kamu bisa menikmati keindahan sunrise Pantai Jungwok dari atas bukit. Terdapat bukit di sebelah barat pantai. Dari sana kamu akan takjub dengan pemandangan pantai yang kamu lihat. Semua pemandangan pantai akan terlihat menakjubkan dari atas sana. Apalagi suasana sepi pengunjung menambah liburanmu di Pantai Jungwok terasa sangat private sekaligus mengesankan!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *