Menikmati Akhir Pekan di Curug Tegalrejo

post-featured-image

Menikmati Akhir Pekan di Curug Tegalrejo

Yogyakarta memiliki banyak sekali lokasi curug atau air terjun yang masih alami. Diantaranya sudah dikelola dengan baik seperti Air Terjun Sri Gethuk atau Air Terjun Kembang Soka. Namun banyak juga yang dibiarkan begitu saja tanpa pengelolaan warga setempat atau pemerintah. Padahal curug-curug di Jogja memiliki keindahan tersendiri. Nuansa asri di kawasan curug menjadi nilai plus dari wisata tersebut. Salah satu curug yang memiliki suasana asri namun belum dikelola dengan baik adalah Curug Tegalrejo.

lokasi curug tegalrejo
lokasi curug tegalrejo

Keistimewaan Curug Tegalrejo ini terletak pada keindahan alamnya yang masih asri dan khas pedesaaan. Namun karena Curug Tegalrejo ini termasuk dalam kategori curug atau air terjun musiman, maka pada saat musim kemarau airnya akan kering atau sedikit. Jadi sangat tidak disarankan kesana pada waktu musim kemarau. Pada musim penghujan debit airnya sudah banyak dan akan terlihat lebih menarik dan indah. Meskipun begitu, Curug Tegalrejo memiliki kekurangan lainnya yaitu fasilitas yang tidak memadai dan akses jalan yang masih jelek. Namun pemandangan indah dan keasrian desa sekitar mungkin bisa menjadi penawar dari minimnya fasilitas dan akses jalan yang belum bagus.
Curug Tegalrejo ini memiliki tiga tingkatan curug. Masing-masing curug memiliki ketinggian yang berbeda-beda. Di bawah curup juga terdapat kolam kecil yang bisa digunakan untuk berendam atau sekedar bermain air. Spot paling menarik dari Curug Tegalrejo yaitu ada pada curug tingkatan ke-3. Dari sana Kamu bisa melihat pemandangan dari atas curug yang mengagumkan.
Sebagai saran saja, jika Kamu berniat berkunjung ke Curug Tegalrejo, alangkah baiknya menggunakan motor. Hal itu karena akses menuju Curug Tegalrejo lebih mudah jika dilalui motor. Kamu akan mudah melewati jalan desa yang kecil jika menggunakan motor daripada membawa mobil.
Biasanya kebanyakan yang datang ke Curug Tegalrejo ini adalah warga sekitar. Pada waktu libur akhir pekan, banyak muda mudi yang datang ke Curug Tegalrejo. Biasanya mereka bermain air sekaligus melepaskan penat karena telah sibuk sekolah di hari-hari biasanya. Tidak terlalu banyak wisatawan yang datang kesana. Namun tak ada salahnya Kamu mencoba mengunjungi lokasi wisata jogja yang mblusuk ini. Siapa tau Kamu akan mendapatkan pengalaman seru setelah berlibur kesana.
Dengan biaya yang gratis, wisatawan juga tidak bisa protes dengan fasilitas seadanya yang ada disana. Jika ingin mencari tempat untuk mendapatkan ketenangan dan kedamaian. Mungkin curug Tegalrejo ini bisa jadi tempat yang tepat. Selain lokasinya yang mblusuk, tidak terlalu banyak orang yang kesana.
Jika kamu akan berkunjung ke Curug Tegalrejo, jangan lupa untuk mampir ke wisata Green Village Gedangsari yang lokasinya tak jauh dari Curug Tegalrejo. Wisata tersebut menyuguhkan pemandangan wilayah Gunungkidul yang bisa dilihat dari ketinggian. Tentu saja pergi berwisata kesana akan semakin melengkapi keseruanmu menghabiskan waktu liburan

Lokasi Curug Tegalrejo

Lokasi Curug Tegalrejo terletak di Desa Tegalrejo, Kecamatan Gedang Sari, Kbupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Jalan menuju Curug Tegalrejo ini tidak terlalu bagus. Sangat disarankan untuk kamu membawa kendaraan sepeda motor jika tertarik untuk kesana. Di beberapa titik, Kamu akan menemukan jalan yang curam, berbatu hingga menurun dan menanjak. Memang cukup memacu adrenalin dan perjuangan untuk bisa menikmati Curug Tegalrejo ini. Namun jika sudah berhasil mencapai curug, maka perjuanganmu menuju kesana akan terbayarkan.
Meskipun berpotensi untuk menjadi lokasi wisata yang diminati wisatawan, namun sepertinya tidak ada pengelolaan yang serius dari pemerintah maupun masyarakat sekitar. Untuk menuju kesana dari Kota Jogja membutuhkan waktu kurang dari dua jam perjalanan. Jika kamu gemar bersepeda, mungkin perjalanan kesana menggunakan sepeda akan lebih menantang.

rute curug tegalrejo
rute curug tegalrejo

 

Rute Curug Tegalrejo

Rute menuju Curug Tegalrejo ini cukup mudah dijangkau. Kamu bisa menggunakan google maps untuk mempermudah menemukan lokasi curug tegalrejo ini. Dari arah Yogyakarta, Kamu menuju ke arah Jalan Laksda Adi Sutjipto. Lalu setelah itu ikuti Jalan Raya Solo-Yogyakarta yang mengarah ke timur. Setelah belok ke kanan pada perempatan yang mengarahkan ke jalan Asia Afrika. Ikuti jalan tersebut sekitar 1,4 km. Kemudian belok kanan ke Jalan Srowot. Lalu belok kanan lagi tapi tetap berada di jalan Srowot.
Kemudian ikuti jalan yang mengarahkan ke Jalan Sultan Agung. Teruskan hingga ke Jalan Raya Sel. Belok ke kiri ke Jalan Wedi Baya. Lalu teruskan perjalanan ke Jalan Sunan Pandanaran. Lalu ikuti rute atau papan petunjuk yang mengarahkan ke Jalan Tegalrejo. Kira-kira 2 kilometer lagi Kamu akan sampai di lokasi tujuan.

Harga Tiket Masuk Curug Tegalrejo

Adapun harga tiket Curug Tegalrejo untuk saat ini belum ditentukan. Jika tidak ada pengelola yang menjaganya biasanya gratis. Namun jika ada pengelola Curug Tegalrejo, Kamu bisa memberikan biaya seikhlasnya. Kawasan wisata jogja baru ini memang masih dikelola oleh masyarakat setempat. Jadi belum ada tarif resmi untuk masuk ke lokasi wisata ini. Namun untuk tarif parkirnya cukup terjangkau. Biaya parkir sepeda motor atau roda dua yaitu hanya Rp. 2000 saja. Kemudian biaya untuk parkir mobil yaitu hanya sebesar Rp. 5000 saja.

harga tiket masuk curug tegalrejo
harga tiket masuk curug tegalrejo

Fasilitas Curug Tegalrejo

Kawasan wisata Curug Tegalrejo ini belum dikelola secara profesional dan serius. Sehingga dari segi fasilitas Curug Tegalrejo rasanya kurang lengkap. Disana hanya terdapat beberapa bangku yang bisa digunakan untuk beristirahat. Untuk pengunjung yang ingin basah-basahan, maka mereka bisa ganti baju di toilet milik warga sekitar. Warga sekitar sana sangat ramah kepada pengunjung yang datang. Namun jangan lupa memberikan uang terimakasih jika menumpang mandi atau ganti baju di toilet milik warga sekitar.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *