Embung Batara Sriten – Telaga Indah Di Gunungkidul

post-featured-image

Embung Batara Sriten – Telaga Indah Di Gunungkidul

Gunungkidul biasanya identik dengan wisata Jogja pantai. Namun jika kamu bosan berlibur ke pantai, cobalah untuk datang ke wisata embung yang ada di Gunungkidul. Gunungkidul memiliki beberapa embung yang menarik untuk dikunjungi. Pemandangan alam yang ada di sekeliling embung yang masih alami dan asri menjadi nilai plus tersendiri. Salah satu embung di Gunungkidul yang recommended untuk dikunjungi adalah Embung Batara Sriten.
Embung Sriten desa pilangrejo gunungkidul ini memang kurang dikenal oleh wisatawan. Tak heran jika jumlah pengunjung yang datang kesana pun tidak terlalu ramai. Namun karena itulah Kamu jadi bisa menikmati suasana yang ada di embung sriten gunung kidul. Suasana alaminya menjadi nilai plus dan sangat layak untuk dijadikan destinasi tujuan ketika Kamu berkunjung ke Yogyakarta.
Embung Batara Sriten ini juga termasuk wisata jogja murah. Untuk berkunjung kesana tidak perlu mengeluarkan biaya yang cukup mahal. Sehingga jika Kamu datang bersama rombongan pun akan tetap bisa menghemat anggara. Meskipun terjangkau, namun Embung Batara Sriten ini punya pemandangan yang indah lho.

 

harga tiket masuk embung batara sriten
harga tiket masuk embung batara sriten

Buat kamu yang ingin melihat keindahan landscape Embung Batara Sriten maka datanglah waktu pagi hari ketika matahari baru muncul atau ketika sore hari. Pemandangan sunset di Embung Batara Sriten cukup indah dan sayang untuk dilewatkan. Apalagi dengan latar Embung Batara Sriten yang ikonik pasti foto-foto liburanmu akan berkesan.
Jika memang kamu ingin ke Embung Batara Sriten pada waktu siang hari, jangan lupa gunakan sunblock dan membawa kacamata hitam. Boleh juga membawa payung untuk berjaga jaga saja dari teriknya matahari. Berbagai macam aktivitas pun bisa kamu lakukan disana. Mulai dari menikmati keindahan embung, berfoto dengan view embung, hingga menantikan sunset di embung. Embung tadah hujan ini cocok dikunjungi ketika sore hari untuk menikmati sunset. Jika Kamu suka dengan pemandangan kabut awan, maka datanglah pada waktu pagi hari. Jika beruntung maka Kamu akan mendapatkan view kabut-kabut tipis masih menyelimuti embung batara sriten.

Sejarah Embung Batara Sriten

Sejarah Embung Batara Sriten atau asal usul Embung Batara Sriten ini dulunya merupakan embung tadah hujan. Fungsi awal dibangunnya embung yaitu untuk kebutuhan pengairan kebun milik warga. Air dari Embung Batara Sriten digunakan untuk mengairi perkebunanan buah yang ada di sekitar embung tersebut. Jadi selain bisa meliha keindahan embung, Kamu pun bisa menikmati keasrian kebun buah disana.

sunset embung batara sriten
sunset embung batara sriten

Konon katanya menjadi Embung Batara Sriten ini juga dijuluki sebagai embung tertinggi di Yogyakarta. Karena lokasinya yang tinggi, pemandangan dari atas embung pun sangat mengagumkan. Udara disana juga relatif sejuk pada pagi dan sore hari. Pada siang harinya udara agak terasa panas. Namun Kamu bisa bersantai menikmati Embung Batara Sriten dari gazebo yang ada disana.

Rute Embung Batara Sriten

Rute menuju embung Batara Sriten Gunungkidul cukup mudah dijangkau. Jika Kamu berangkat dari Kota Yogyakarta, maka ambil jalan ke arah ringroad timur. Setelah itu ikuti jalan menuju arah Jalan Wonosari. Lurus terus di jalan Wonosari hingga melewati wisata bukit bintang. Setelah itu lanjutkan perjalanan sampai melewati Jalan Sambipitu Nglipar. Ikuti jalan itu hingga sampai ke lokasi Embung Sriten Gunungkidul.
Perjalanan menuju kesana tidak terlalu sulit. Jika masih kurang familiar dengan rutenya, Kamu bisa menggunakan GPS dan Google Maps agar tidak kesasar. Jangan sungkan untuk bertanya kepada warga sekitar ketika Kamu kesusahan menemukan lokasi Embung Sriten Desa Pilangrejo Gunungkidul.

rute embung batara sriten
rute embung batara sriten

Jalanan menuju kesana juga sudah beraspal. Sehingga perjalanan menuju kesana pun lebih mudah dijangkau. Apalagi sepanjang perjalanan menuju kesana Kamu akan dimanjakan dengan pemandangan yang indah. Terdapat persawahan milik warga hingga pemandangan pedesaan khas Gunungkidul.

Lokasi Embung Batara Sriten

Lokasi Embung Batara Sritern Gunungkidul berada di Sriten, Pilangrejo, Nglipar, Gunungkidul, Yogyakarta. Perjalanan dari Kota Yogyakarta menuju kesana sekitar 45 kilometer yang bisa ditempuh dalam waktu satu setengah jam. Untuk akses menuju kesana bisa menggunakan motor, mobil, dan bus kecil. Jalanan yang sudah mulus dan beraspal bagus memudahkan wisatawan yang ingin datang kesana. Terlebih jaraknya tidak terlalu jauh dari Kota Yogyakarta. Kira-kira dengan estimasi waktu satu jam setengah hingga dua jam perjalanan, Kamu sudah bisa sampai di Embung Batara Sriten.
Buat Kamu yang membawa kendaraan pribadi, perlu waspada dan hati-hati karena kontur jalan disana. Daerah Gunungkidul memiliki jalan dengan kontur yang berkelok-kelok dan menanjak. Sehingga pastikan selalu kondisi kendaraanmu dalam keadaan baik agar perjalananmu ke Embung Batara Sriten tidak terhambat apapun.

lokasi embung batara sriten
lokasi embung batara sriten

Fasilitas Embung Batara Sriten

Fasilitas Embung Batara Sriten juga cukup lengkap. Fasilitas yang ada disana yaitu tempat parkir yang luas, kamar mandi, warung penjual makanan dan minuman, hingga spot foto menarik. Beberapa gazebo juga sudah didirikan disana. Jadi ketika kamu sudah capek berfoto-foto disana, bisa beristirahat di gazebo sambil menikmati pemandangan alam di sekitar embung. Jika kamu suka melihat bintang bertaburan, tunggulah sampai petang hari dan dari sana kamu bisa melihat langit dipenuhi bintang-bintang ketika cuaca cerah.

Harga Tiket Masuk Embung Batara Sriten

Harga tiket masuk Embung Batara Sriten cukup murah. Untuk setiap pengunjung yang datang dikenakan biaya Rp. 3000 per orang. Dengan harga segitu, Kamu bisa menikmati pemandangan Embung Batara Sriten yang sangat indah. Untuk harga tiket parkirnya pun sangat terjangkau. Bagi wisatawan yang parkir kendaraan motor dikenakan biaya Rp. 2000 sedangkan untuk yang menggunakan mobil akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp. 10.000

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *