Embung Nglanggeran – Pesona Embung Berwarna Hijau Tosca

post-featured-image

Embung Nglanggeran – Pesona Embung Berwarna Hijau Tosca

 

Gunungkidul sebagai kota yang menjadi primadona wisatawan ketika berkunjung ke Jogja memiliki satu spot wisata yang bagus dan tidak terlalu jauh lokasinya. Menawarkan pemandangan embung atau telaga buatan berwarna hijau tosca, nama Embung Nglanggeran Gunungkidul sepertinya sudah tidak asing lagi di telinga para pecinta perjalanan. Embung Nglanggeran selain memiliki air yang berwarna unik juga memiliki landscape yang memanjakan mata.

Di sekeliling Embung Nglanggeran terlihat pemandangan  alami berupa tebing-tebing tinggi. Dari kejauhan juga terlihat kegagahan Gunung Purba Nglanggeran. Jika kamu mendaki ke Gunung Purba Nglanggeran, dari atas akan terlihat keindahan Embung Nglanggeran yang eyecathcing dengan warna airnya yang berwarna hijau tosca.

harga tiket masuk Embung Nglangeran
harga tiket masuk Embung Nglangeran

Embung Nglanggeran menawarkan pemandangan alam yang memikat para wisatawan untuk datang kesana. Biasanya waktu berkunjung paling ramai adalah saat menjelang sunset. Banyak wisatawan yang ingin melihat keindahan sunset yang mempesona. Semburat oranye dengan latar belakang Embung Nglanggeran akan menjadi foto yang epic.

Namun Kamu juga bisa ke Embung Nglanggeran pada waktu pagi hari. Biasanya akan ada kabut-kabut tipis yang menyelimuti sekitar Embung Nglanggeran. Namun jangan harap Kamu bisa melihat keindahan sunrise dari sana. Posisi Embung Nglanggeran yang dikelilingi dengan tebing-tebing yang tinggi menghalangi pemandangan sunrise dari kawasan Embung Nglanggeran. Tapi pemandangan berkabut ketika pagi hari sudah sangat mengagumkan untuk dinikmati.

Udara dingin pada pagi hari akan menyegarkan hati dan pikiranmu. Sembari menikmati pemandangan disana, kamu bisa bersantai di gazebo-gazebo yang telah disediakan. Jika tertarik dengan aktivitas camping, Embung Nglanggeran bisa menjadi pilihan spot camping lainnya yang tidak kalah menarik. Ketika malam hari kamu pun bisa melihat pemandangan langit yang bertabur bintang karena polusi cahaya disana sangat minim.

Selain bersantai di gazebo yang sudah disediakan, Kamu juga bisa naik ke atas gardu pandang yang ada disana. Gardu pandang yang terbuat dari papan kayu memang terlihat mengerikan. Namun ketika Kamu sudah mencoba naik ke atas, baru akan merasakan takjub dengan pemandangan indah. Dari atas gardu pandang, Kamu bisa melihat pemandangan di sekitar Embung Nglanggeran dengan lebih luas. Hamparan pemandangan hijau disempurnakan dengan view embung yang tak kalah cantik rasanya sayang jika diabaikan begitu saja.

Lokasi Embung Nglanggeran

Lokasi Embung Nglanggeran berada tidak jauh dari kawasan Gunung Api Purba Nglanggeran. Beralamat di Dusun Nglanggeran Wetan, Nglanggeran, Patuk, Gunungkidul, Yogyakarta. Perjalanan dari Kota Jogja menuju kesana memakan waktu kurang dari satu jam. Sedangkan jika kamu dari Gunung Api Purba Nglanggeran dan ingin berkunjung kesana, jaraknya sekitar lebih dari dua kilometer. Karena kawasan wisata Nglanggeran sudah dikelola dengan baik, akses jalan pun mudah dan mulus menuju kesana. Hanya perlu berhati-hati karena kontur jalan disana berkelok-kelok dan menanjak.

Rute Embung Nglangeran
Rute Embung Nglangeran

Untuk menuju ke wisata Gunung kidul Embung Nglanggeran ini, Kamu bisa menggunakan kendaraan roda dua atau motor, mobil, maupun elf. Sayangnya bus besar tidak bisa menjangkau area ini. Kendaraan umum pun tidak ada yang menjangkau kawasan ini. Sehingga pilihannya adalah jika Kamu tidak sewa motor jogja ya sewa mobil jogja murah. Namun buat Kamu yang malas ribet, maka langsung menggunakan jasa penyedia paket wisata Jogja murah adalah pilihan yang tepat.

Rute Embung Nglanggeran

Untuk rute Embung Nglanggeran ini juga lokasinya cukup mudah dicari. Embung Nglanggeran adalah tempat wisata jogja yang lokasinya dekat dengan wisata Gunung Api Purba Nglanggeran. Bahkan ketika mendaki ke atas puncak Gunung Api Purba Nglanggeran, akan terlihat keindahan Embung Nglanggeran dari atas sana. Terlihat embung tersebut mencolok dengan warna airnya yang terlihat hijau tosca. Sangat cantik sekali.

Rute menuju ke Embung Nglanggeran dari Kota Yogyakarta yaitu pertama-tama Kamu harus mengambil rute ke arah Ringroad Timur. Setelah itu, ambil rute ke arah Jalan Wonosari. Ikuti terus jalan utama hingga melewati daerah piyungan dan mmelewati Bukit Bintang. Setelah melewati Bukit Bintang, kemudian Kamu akan menemukan perempatan. Di perempatan itu Kamu harus ambil ke arah Kiri. Kemudian ikuti terus jalan utama hingga Kamu mengambil ke arah Desa Nglanggeran. Tak jauh dari obyek wisata Gunung Api Purba Nglanggeran, Kamu akan menemukan lokasi Embung Nglanggeran.

Fasilitas Embung Nglanggeran

Embung Nglanggeran merupakan lokasi wisata yang dikelola dengan cukup baik oleh pemerintah setempat dan warga sekitar. Warga yang sadar dengan potensi wisata yang dimiliki oleh Embung Nglanggeran kemudian membuat lokasi tersebut nyaman untuk dikunjungi. Salah satu upaya agar pengunjung semakin nyaman datang kesana adalah menyediakan berbagai macam fasilitas yang diperlukan wisatawan.

Fasilitas Embung Nglanggeran sejauh ini juga sudah lumayan lengkap. Untuk beberapa fasilitas yang ada disana yaitu seperti tempat parkir yang luas, warung makan, toilet umum yang bersih, mushola, gazebo untuk bersantai, penginapan, hingga spot foto menarik. Fasilitas yang lengkap tersebut membuat pengunjung senang berkunjung ke Embung Nglanggeran.

Harga Tiket Masuk Embung Nglanggeran

Harga tiket masuk Embung Nglanggeran bisa dikatakan cukup murah. Untuk setiap pengunjung yang datang kesana akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 10.000 per orangnya. Sedangkan untuk tarif parkirnya hanya sebesar Rp 2.000 untuk parkir motor. Kemudian parkir mobil sebesar Rp 5.000 saja. Dengan harga yang cukup terjangkau tersebut, Kamu sudah bisa berwisata ke tempat yang indah dengan pemandangan alam yang mengagumkan. Ditambah lagi, Embung Nglanggeran juga merupakan tempat wisata yang menarik untuk sekedar foto-foto saja.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *