GAMPLONG STUDIO ALAM – Bekas Lokasi Syuting Kini Jadi Wisata Hits

post-featured-image

GAMPLONG STUDIO ALAM – Bekas Lokasi Syuting Kini Jadi Wisata Hits

Belakangan ini, ada sebuah destinasi wisata jogja baru yang ramai diperbincangkan netizen. Hal itu karena lokasi wisata ini memiliki keunikan karena dibuat sebagai lokasi syuting berbagai macam film layar lebar. Beberapa film yang menggunakan tempat ini untuk lokasi syuting yaitu film Sultan Agung, film Bumi Manusia hingga film Ainun. Nama tempat tersebut adalah Gamplong Studio Alam Jogja.
Studio Alam Gamplong pada

lokasi studio gamplong
lokasi studio gamplong

awalnya dibangun pada akhir 2017. Tempat wisata yang unik tersebut dibangun oleh Mooryati Soedibyo yang juga dikenal sebagai pendiri sekaligus pemilik Mustika Ratu Group. Pada awalnya, lokasi ini dibangun hanya untuk keperluan syuting film Sultan Agung saja. Film tersebut merupakan film kolosal yang membutuhkan setting tempat seperti pada abad ke 16 dan 17. Akhirnya, Desa Wisata Gamplong menjadi lokasi syuting yang terpilih. Kemudian di lahan sekitar 2 hektar itulah dibuat setting tempat yang menyerupai pada abad ke 16 dan 17.
Setelah syuting film Sultan Agung selesai, bangunan semi permanen yang ada di Studio Alam Gamplong kemudian tidak langsung dirobohkan. Mooryati Soedibyo selaku pemilik Studio Alam Gamblong berinisiatif untuk menghibahkan tempat tersebut kepada Pemkab Sleman. Harapannya, Studio Alam Gamplong tersebut bisa meningkatkan perekonomian masyarakat Gamplong dan sekitarnya.
Bangunan-bangunan yang ada di Studio Gamplong dibuat semi permanen. Berbagai macam bangunan semi permanen yang ada disana yaitu mulai dari Gerbang Keraton Karta Kerajaan mataram, Pendopo Alit Keraton Karta, Pendopo Ageng Keraton Karta, Benteng Holandia atau Batavia, Kawasan Kampung Mataram, hingga Kampung pecinan pada masa lampau.
Bangunan-bangunan unik itulah yang jadi daya tarik utama dari tempat ini. Nuansa abad 16 dan 17 terasa kental. Pengunjung yang datang kesana pun diperbolehkan berfoto dengan background bangunan semi permanen yang unik tersebut.
Kemudian pada tanggal 15 Juli 2018 Presiden Joko Widodo meresmikan destinasi wisata tersebut. Presiden juga berharap agar tempat tersebut bisa menjadi destinasi wisata yang populer di Yogyakarta.
Lokasi wisata Studio Alam Gamplong ini belakangan ini juga kembali booming setelah dijadikan sebagai lokasi syuting film “Bumi Manusia”. Film tersebut dibintangi oleh aktor favorit anak muda yaitu Iqbal Ramadhan. Karena pemainnya yang digandrungi para anak muda, kemudian banyak generasi milenial yang juga penasaran dengan lokasi syuting Bumi Manusia tersebut. Akhirnya Studio Alam Gamplong makin lama makin terkenal.
Studio Alam Gamblong ini bahkan sempat dijuluki sebagai “mini hollywood”. Hal itu bukan tanpa alasan. Itu karena disana juga terdapat spot-spot bangunan semi permanen yang menampilkan latar tempat seperti di hollywood. Wow menarik sekali kan?

Lokasi Studio Alam Gamplong

Lokasi Studio Alam Gamplong sangat mudah dijangkau dan ditemukan. Bahkan lokasinya pun tak jauh dari pusat dari Kota Yogyakarta. Estimasi jarak Studio Alam Gamplong dari Kota Jogja hanya 20 kilometer saja. Kira-kira lebih dari 45 menit perjalanan, Kamu sudah bisa sampai disana.

rute studio gamplong
rute studio gamplong

Studio Alam Gamplong ini terletak di alamat Gamplong 1, Sumberrahayu, Moyudan, Dukuh, Suberrahayu, Sleman, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jika ingin Kesana, maka sebaiknya perhatikan dulu jam bukanya. Yaitu dari jam 08.00 WIB hingga jam 17.00 WIB.

Rute Studio Alam Gamplong

Rute menuju Studio Alam Gamplong juga sangat mudah. Jalanan mulus dan bebas hambatan. Kamu bisa menggunakan kendaraan roda dua, mobil maupun bus. Di sepanjang jalan pun Kamu akan disuguhi dengan pemandangan menarik sekaligus indah. Suasana asri masih sangat terasa di area menuju Studio Alam Gamplong.

harga tiket masuk studio gamplong
harga tiket masuk studio gamplong

Untuk menuju ke Studio Alam Gamplong dari Kota Jogja, maka Kamu tinggal ikuti rute ke Jalan Wates. Setelah itu, belok ke kanan dan lurus terus hingga menyeberangi jembatan rel kereta api. Lanjutkan perjalanan hingga belok ke kiri dan ikuti terus hingga melihat sebuah lapangan. Belok ke kiri lagi dan ikuti jalan tersebut sekitar 300 meter. Tak jauh dari situ, kamu akan menemukan lokasi Studio Alam Gamplong.

Harga Tiket Masuk Studio Alam Gamplong

Untuk harga tiket masuk Studio Alam Gamplong ini sangat terjangkau sekali. Ada spot yang mengharuskan pengunjung membayar, namun ada spot yang digratiskan. Untuk di pintu masuk, pengunjung hanya diminta membayar seikhlasnya. Namun jika pengunjung membawa kamera profesional atau DSLR maka akan dimintai biaya sebesar Rp 10.000 saja. Sedangkan untuk masuk ke rumah annelis maka pengunjung diminta membayar biaya tiket masuk sebesar Rp. 10.000 per pengunjung. Kemudian untuk masuk ke kawasan museum, maka pengunjung akan dikenakan biaya sebesar Rp. 15.000 saja.
Kemudian untuk tarif parkir yang ada disana juga sandar. Untuk parkir motor dikenakan biaya Rp. 2000 kemudian untuk biaya parkir mobil sebesar Rp. 5000. Sangat terjangkau sekali kan?
Fasilitas Studio Alam Gamplong
Fasilitas Studio Alam Gamplong ini bisa dibilang cukup lengkap. Berbagai macam fasilitas yang ada disana yaitu seperti terdapat area parkir yang luas, toilet, warung makan, berbagai macam spot foto unik, hingga terdapat toko souvenir. Fasilitas yang lengkap tersebut semkain membuat wisatawan terus meningkat. Wisatawan merasa nyaman juga ketika berkunjung kesana dan betah berlama-lama disana.
Sayangnya, di area Studio Alam Gamplong ini masih minim tempat untuk berteduh. Sehingga, ketika siang hari Kamu berkunjung kesana, akan terasa cukup gerah dan panas. Apalagi tempat berteduh juga minim. Maka dari itu, jika Kamu ingin kesana, sebaiknya datanglah pada pagi atau sore hari. Dengan begitu, cuaca bisa lebih bersahabat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *