Mendaki Gunung Api Purba Nglanggeran

post-featured-image

Mendaki Gunung Api Purba Nglanggeran

Yogyakarta selalu menjadi tempat yang menyenangkan untuk tujuan wisata. Disana terdapat beragam pilihan destinasi wisata yang dikelola dengan baik. Salah satunya adalah Gunung Purba Nglanggeran. Gunung Api Purba Nglanggeran ini bukanlah destinasi wisata baru. Namun buat kamu yang ingin berwisata ke Jogja dan belum pernah kesana, maka destinasi wisata itu harus kamu kunjungi.

rute gunung api purba
rute gunung api purba

Gunung Api Purba Nglanggeran adalah sebuah tempat yang wajib untuk dikunjungi ketika kamu ke Yogyakarta. Destinasi wisata yang dikelola oleh masyarakat setempat ini selain memiliki nilai historis yang kental juga menyuguhkan keindahan alam yang tidak bisa didapatkan di tempat lain. Jadi jangan ragu untuk datang kesana jika kamu berencana untuk liburan di Jogja.

Sejarah Gunung Api Purba Nglanggeran

Sejarah Gunung Api Purba Nglanggeran ini dulunya adalah gunung api aktif yang letaknya ada di dasar laut. Jadi struktur bebatuan yang ada disana berbeda dengan bebatuan yang ada di gunung-gunung lainnya. Struktur bebatuannya tajam seperti karang-karang laut. Namun malah itulah yang menjadi daya tarik tersendiri dari Gunung Api Purba Nglanggeran.

sejarah gunung api purba
sejarah gunung api purba

Jadi ketika mendaki ke Gunung Api Purba Nglanggeran, Kamu harus ekstra hati-hati.
Tebing-tebing tinggi dan perbukitan yang hijau terhampar luas, membuat pemandangan asri tersebut terasa sangat memanjakan mata. Ketika berada di puncak Gunung Api Purba Nglanggeran, pemandangan semakin dipercantik karena terlihat Embung Nglanggeran dengan warna airnya yang kehijauan dari atas sana.

sunset gunung api purba
sunset gunung api purba

Jika kamu memiliki banyak waktu, jangan lupa untuk sekalian mampir kesana untuk melihat keindahan Embung Nglanggeran dari dekat.

Rute Menuju Gunung Api Purba Nglanggeran

Rute menuju Gunung Api Purba Nglanggeran dari arah Kota Yogyakarta yaitu melalui Jalan Jogja-Wonosari hingga kearah Bukit Bintang atau Kecamatan Patuk Gunungkidul. Setelah sampai di simpang empat Pusat Informasi Pariwisata, terdapat perempatan dan pilih ke arah kiri. Ikuti jalan tersebut hingga sejauh kira-kira 7 KM. Disepanjang jalan tersebut suasana pemandangan sudah mulai memanjakan mata. Bukit-bukit dan persawahan mendominasi pemandangan sehingga perjalanan menuju ke Gunung Api Purba Nglanggeran tidak terasa membosakan.

Lokasi Gunung Api Purba Nglanggeran

Lokasi Gunung Api Purba Nglanggeran berada di Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten gunungkidul, Yogyakarta. Lokasinya tidak terlalu jauh dari Kota Yogyakarta yaitu kurang lebih 27 Km dengan waktu temput hingga 1,5 jam perjalanan. Namun akses menuju ke lokasi Gunung Api Purba Nglanggeran hanya bisa dijangkau dengan kendaraan pribadi. Tidak ada kendaraan umum yang menuju kesana. Lebih mudah jika Kamu ikut paket tour jogja atau sewa motor Jogja dan sewa mobil Jogja.
Meskipun tidak dilalui kendaraan umum, namun akses jalan kesana sudah sangat bagus. Kamu bisa dengan mudah menuju ke lokasi Gunung Api Purba Nglanggeran dengan bermodalkan GPS. Jalanan pun lebar sehingga bisa dilalui kendaraan besar seperti bus atau elf.

Harga Tiket Gunung Api Purba Nglanggeran

Harga tiket masuk Gunung Api Purba Nglanggeran sangat terjangkau sekali yaitu hanya sebesar Rp 15.000 pada kunjungansiang hari dan Rp 20.000 pada malam hari. Biaya parkir untuk sepeda motor Rp 3.000 dan untuk mobil Rp 5.000. Kamu tak perlu mengeluarkan biaya besar jika ingin berwisata kesini. Namun pemandangan yang disuguhkan luar biasa menakjubkan.

harga tiket masuk gunung api purba
harga tiket masuk gunung api purba

Fasilitas Gunung Api Purba Nglanggeran

Fasilitas Gunung Api Purba Nglanggeran saat ini memiliki fasilitas yang sudah sangat lengkap. Padahal biaya untuk wisata kesana sangat terjangkau. Berbagai macam fasilitas yang ada di Gunung Api Purba Nglanggeran, diantaranya adalah:
• Jalur Pendakian
• Pemandu
• Camping Ground
• Home Stay
• Toilet
• Mushola
• Pusat Kuliner dan Oleh-Oleh
• Balai Pertemuan
• Pos Kesehatan
• Pusat Informasi

Waktu Terbaik Berkunjung ke Gunung Api Purba Nglanggeran

Jika Kamu ingin berkunjung ke Gunung Api Purba Nglanggeran maka waktu terbaik untuk kesana adalah ketika awal musim kemarau. Pada waktu itu pohon-pohon yang ada di Gunung Api Nglanggeran masih terlihat hijau. Kemudian cuacanya juga bagus untuk mendaki dan trekking pendakian pun juga tidak licin.

Namun tak ada salahnya juga jika Kamu mendaki Gunung Nglanggeran pada waktu kemarau. Pada waktu itu biasanya pohon-pohon akan meranggas dan pemandangan bukit-bukit pun berubah jadi kecoklatan. Tapi tetap asyik kok!

puncak gunung api purba
puncak gunung api purba

Jika Kamu ingin mengejar sunrise, maka Kamu bisa melakukan perjalanan sebelum subuh dari Kota Jogja. Sunrise di Gunung Api Purba Nglanggeran juga sangat menawan. Jika beruntung, pemandangan kabut-kabut tipis pun bisa Kamu nikmati dari puncak Gunung Api Purba Nglanggeran.

Info Gunung Api Purba Nglanggeran Lainnya

Meskipun namanya adalah Gunung, namun jangan dibayangkan mendaki Gunung Purba Nglanggeran ini akan seberat ketika mendaki Gunung Merapi atau Merbabu. Gunung Api Purba di indonesia ini memiliki ketinggian hanya 700 meter dari permukaan laut. Jadi untuk sampai di puncaknya paling lama membutuhkan waktu 2 jam trekking. Buat kamu yang belum pernah naik gunung pun bukan jadi masalah untuk mengunjungi destinasi wisata alam di Gunungkidul ini. fasilitasnya yang lengkap hingga dilengkapi rute petunjuk arah yang jelas akan memudahkanmu untuk trekking sampai ke puncak.
Ketika akan mendaki kesana, jangan lupa gunakan alas kaki yang nyaman. Tak harus menggunakan sepatu, memakai sandal pun aman juga namun pakailah sandal gunung agar tidak selip ketika pendakian. Kemudian bawalah makanan ringan dan sediakan air minum yang cukup banyak karena pasti Kamu akan membutuhkan banyak minum ketika melakukan pendakian. Jangan lupa bawa barang bawaan secukupnya agar selama pendakian tidak terlalu berat membawa beban.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *