Luweng Sampang – Air Terjun Musiman Berwarna Tosca

post-featured-image

Luweng Sampang – Air Terjun Musiman Berwarna Tosca

Biasanya Gunungkidul terkenal dengan tempat wisata pantai gunungkidul. Namun sebenarnya Gunungkidul memiliki banyak sekali destinasi wisata tersembunyi yang menarik untuk dikunjungi. Jika kamu orang yang suka mengeksplorasi tempat wisata unik, sepi, dan juga suka memotret maka ada satu rekomendasi lokasi wisata di Gunungkidul. Rekomendasi wisata yang menarik untuk dikunjungi adalah Air Terjun Luweng Sampang.
Mungkin tak banyak orang yang mendengar nama destinasi wisata ini. Namun keindahannya sebeneranya sudah banyak tersebar di media sosial. Air terjun Luweng Sampang ini adalah Sebuah air tejun musiman yang memiliki air berwarna tosca. Lebih menariknya lagi bebatuan yang ada di area Air terjun Luweng Sampang memiliki tipologi yang unik. Sehingga ketika kamu kesana untuk memotret Luweng Sampang, perpaduan antara kontur bebatuan dan airnya yang berwarna tosca akan terlihat sangat mempesona.

lokasi luweng sampang
lokasi luweng sampang

Asal usul air terjun Luweng Sampang ini berasal dari kata Luweng yang berarti lubang dan Sampang diambil dari desa bernama Sampang. Air terjun ini berbeda dengan air terjun pada umumnya. Dengan tinggi yang agak pendek sekitar 5 meter, Luweng Sampang juga memiliki relief bebatuan yang unik.Tekstur atau relief bebatuan yang berupa garis-garis ternyata malah menjadi daya tarik dari wisata yogyakarta ini.
Tak jarang juga banyak fotografer landscape yang datang kesana karena ingin mengabadikan keindahan Luweng Sampang yang unik. Makannya banyak sekali foto-foto Luweng Sampang yang beredar di media sosial dan menjadi daya tari dari wisata gunungkidul ini.

Lokasi Air Terjun Luweng Sampang

Lokasi air terjun Luweng Sampang terletak di Jalan Juminahan, Sampang, Gedangsari, Gunungkidul, Yogyakarta. Perjalanan menuju kesana dari Kota Yogyakarta memakan waktu kurang lebih satu setengah jam hingga dua jam perjalanan. Kendaraan yang paling nyaman untuk digunakan kesana adalah sepeda motor karena kamu akan melewati jalan sempit yang akan menyulitkan jika kamu membawa kendaraan roda empat.
Jika kesana harus ekstra hati-hati karena medannya yang sedikit mblusuk. Namun perjuanganmu menuju kesana akan tergantikan dengan keindahan Air Terjun Luweng Sampang. Ditambah lagi belum banyak orang yang mengeksplorasi tempat itu. Sehingga malah terasa seperti tempat wisata milik pribadi.

Rute Air Terjun Luweng Sampang

Rute menuju Air Terjun Luweng Sampang ini cukup mudah. Terdapat dua pilihan rute untuk bisa sampai kesana. Rute pertama yaitu dari Kota Jogja ke arah ringroad timur. Kemudian ambil ke arah Jalan Wonosari. Lanjutkan terus perjalanan hingga sampai di bukit bintang. Setelah itu terdapat perempatan timur GCD FM dan pilih lajur kiri. Ikuti jalan tersebut hingga menuju Ngoro-oro. Lanjutkan perjalanan hingga Balai Desa Terbah. Sampai di pertigaan, lurus terus ikuti jalan sekitar 2,6 kilometer. Tak jauh dari situ Kamu akan menemukan lokasi air terjun luweng sampang yang berada di kanan jalan.

rute luweng sampang
rute luweng sampang

Rute kedua menuju air terjun Luweng Sampang yaitu lewa jalur Jogja-Prambanan atau Jalan Raya Jogja-Solo. Setelan itu belok ke kanan arah Desa Sampang Gunungkidul. Sampai di Balai Desa Sampang, kira-kira 1,3 kilometer pun Kamu bisa menemukan lokasi Air Terjun Luweng Sampang yang ada di sebelah kiri jalan.
Jalan menuju kesana sudah cukup bagus. Namun lebih disarankan jika menggunakan roda dua. Disepanjang perjalanan pun Kamu juga akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang masih asri. Sehingga perjalanan menuju lokasi air terjun Luweng Sampang tidak akan terasa lama.

Fasilitas Air Terjun Luweng Sampang

Fasilitas air terjun Luweng Sampang pun masih tergolong minim. Karena ini adalah tempat wisata yang tidak dikelola, maka jangan harap akan ada beragam fasilitas. Untuk itu ketika Kamu ingin berkunjung ke Air Terjun Luweng Sampang, pastikan membawa baju ganti hingga membawa makanan dan minuman sendiri.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Luweng Sampang

Harga tiket masuk ke air terjun Luweng Sampang hingga saat ini masih gratis. Lokasi wisata ini memang tidak dikelola secara khusus. Sehingga siapapun bisa kesana tanpa membayar. Padahal sebenarnya jika tempat wisata ini dikelola dengan baik, maka potensi wisatawan yang datang kesana pun juga cukup besar.
Namun terkadang ketika Anda berkunjung ke air terjun Luweng Sampang ini, akan ada orang penjaga parkir yang menarik biaya. Biaya yang harus Kamu keluarkan untuk parkir pun standar. Jika Anda membawa motor maka akan dikenakan biaya Rp. 2.000 dan untuk yang membawa mobil akan dikenakan biaya parkir Rp 5.000. Sangat terjangkau sekali kan?

Waktu Terbaik ke Air Terjun Luweng Sampang

Sebenarnya berkunjung ke Air terjun Luweng Sampang ini membutuhkan keberuntungan agar kamu bisa mendapatkan pemandangan yang indah dan momen yang tepat. Karena tak jarang wisatawan yang datang kesana kecewa karena airnya yang keruh dan kering. Sehingga mereka tidak bisa menikmati pemandangan Luweng Sampang seperti yang dilihat di media sosial.

harga luweng sampang
harga luweng sampang

Tipsnya jika kamu ingin mendapatkan pemandangan indah Air terjun Luweng Sampang seperti yang ada di foto-foto media sosial maka datanglah pada waktu terbaik ke air terjun Luweng Sampang. Yaitu pada musim penghujan. Karena air terjun tersebut merupakan air terjun musiman maka jika kesana pada waktu musim kemarau debit airnya akan sedikit sehingga tidak terlihat indah. Kemudian jika kamu ingin menikmati keindahan air terjun Luweng Sampang dengan airnya yang berwarna tosca, maka datanglah pada waktu pagi hari. Pada waktu pagi belum banyak wisatawan yang datang kesana dan belum banyak orang yang mandi di area Luweng Sampang sehingga airnya belum berubah menjadi keruh. Semoga kamu beruntung!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *