Pantai Greweng yang Asyik untuk Ngecamp

post-featured-image

Pantai Greweng yang Asyik untuk Ngecamp

Mengunjungi wisata pantai di Gunungkidul, Yogyakarta seakan tidak akan pernah ada habisnya. Selalu saja ada tempat-tempat tersembunyi yang menarik untuk dikunjungi. Buat kamu yang suka dengan pantai tersembunyi dan menantang, mungkin kamu harus mencoba untuk berkunjung ke Pantai Greweng. Mendengar namanya tentu terasa asing di telinga karena tidak banyak orang yang tahu wisata jogja pantai ini. Namun meskipun kurang terkenal, Pantai Greweng ini memiliki pemandangan yang asri dan masih alami. Cocok untuk kamu yang suka pergi ke destinasi wisata yang masih jarang pengunjungnya.

lokasi pantai greweng
lokasi pantai greweng

Selain itu keistimewaan lainnya dari pantai ini adalah nyaman digunakan untuk camping. Jadi daripada kamu sudah capek-capek trekking dan kesana cuma sebentar, mending bawa perlengkapan camping dan bermalam disana menikmati suasana pantai. Pantai berpasir putih ini memiliki ombak yang cukup besar. Namun pengunjung tetap aman untuk bermain air di bibir pantai. Biasanya pengunjung tidak lupa untuk berfoto di tengah-tengah bibir pantai. Sehingga hasil foto akan nampak pemandangan pantai dan di kanan kirinya terdapat bukit karang yang sangat ikonik.
Berkunjung ke Pantai Greweng ini seakan-akan Kamu berada di suatu tempat yang terpencil. Hal itu karena akses sinyal disana pun susah. Jadi Kamu benar-benar tidak bisa berhubungan dengan dunia luar. Selain itu, lokasinya pun mblusuk dan perlu melewati perkebunan hingga hutan-hutan. Berasa berkunjung ke lokasi wisata yang benar-benar belum terjamah.

rute pantai greweng
rute pantai greweng

Untuk itulah, berkunjung ke Pantai Greweng ini lebih cocok menggunakan transportasi pribadi. Karena saat ini belum ada transportasi umum yang memiliki akses untuk kesana. Namun jangan khawatir. Buat Kamu yang berasal dari luar Jogja, bisa memilih untuk menggunkan jasa sewa moil jogja murah. Jika ingin lebih praktis, maka ikut saja paket wisata murah. Dijamin liburanmu akan semakin mudah dan menyenangkan.

 

Lokasi Pantai Greweng

Lokasi Pantai Greweng ini berada di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk menuju Pantai Greweng ini kamu harus trekking sejauh lebih dari 1 km dari lokasi parkir. Kamu bisa memarkirkan kendaraan di lokasi parkir Pantai Wediombo. Sebelum masuk ke area Pantai Wediombo akan ada petunjuk jalan kecil menuju Pantai Greweng. Ikuti saja petunjuk itu hingga kamu trekking melewati ladang milik warga dan bukit yang terjal. Ketika pergi kesana jangan lupa untuk membawa sandal atau sepatu yang aman dan nyaman digunakan untuk trekking karena jalur yang kamu lalui cukup menantang dan landai.

harga tiket masuk pantai greweng
harga tiket masuk pantai greweng

Perjalanan menuju Pantai Greweng dari Kota Yogyakarta membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam perjalanan. Namun perjalanan panjang itu akan terbayarkan dengan pemandangan Pantai Greweng yang indah. Tak banyak wisatawan yang tahu akan keberadaan pantai ini karena memang akses kesana cukup susah. Tapi itulah yang membuat pantai ini istimewa. Pemandangan yang indah dengan pengunjung yang sedikit.

Rute Pantai Greweng

Rute menuju Pantai Greweng memang cukup jauh dan rumit. Perjalanan menuju kesana memerlukan waktu yang cukup lama. Namun itu akan terbayarkan dengan keindahan pantainya yang masih asri. Jika Kamu dari Kota Yogyakarta, maka bisa mengambil rute ke arah Ringroad Timur. Setelah itu ikuti arah ke Jalan Wonosari. Lanjutkan perjalanan hingga menuju ke Kota Wonosari. Setelah itu, teruskan perjalanan ke arah timur lewat Pasar Wonosari. Tak jauh dari situ terdapat pertigaan. Nah disini Kamu ambil rute menuju Pantai Baron.
Kira-kira perjalanan 10 kilometer dari pertigaan tadi, Kamu akan menemukan pertigaan lagi yang menunjukkan arah Pantai Wediombo dan Pantai Indrayanti. Pilihlah rute yang mengarahkan ke Pantai Wediombo. Ikuti saja terus petunjuk jalan hingga sampai di Pasar Jepitu. Sampai di Pasar Jepitu, Kamu akan menemukan pertigaan lagi. Ambil rute ke kanan yang menuju ke arah parkir Pantai Wediombo.
Setelah sampai di lokasi parkir Pantai Wediombo, Kamu menitipkan kendaraan disana. Selanjutnya, ikuti petunjuk menuju Pantai Greweng. Rute menuju Pantai Greweng hanya bisa dilalui dengan jalan kaki. Kamu akan melewati jalan berbatu yang masih alami dan trekking-nya cukup menantang. Sekitar 20 menit, Kamu akan sampai di Pantai Greweng yang Kamu tuju.
Perjalanan untuk menemukan lokasi Pantai Greweng memang cukup sulit. Namun sekarang ini sudah cukup banyak terdapat petunjuk jalan. Jadi ketika sudah sampai di parkiran Pantai Wediombo, tinggal ikuti saja petunjuknya. Jangan sungkan juga untuk bertanya kepada warga sekitar agar tidak kesasar.

Harga Tiket Masuk Pantai Greweng

Untuk masuk ke kawasan wisata Pantai Greweng, Kamu hanya membayar tiket retribusi sebesar Rp. 10.000 saja per orangnya. Itu pun Kamu sudah bisa mengunjungi lokasi wisata lainnya yang ada di sekitar Pantai Greweng seperti Pantaing Jungwok dan Pantai Wediombo. Untuk harga parkir kendaraan pun juga standar. Parkir kendaraan roda dua atau motor dikenakan biaya Rp. 2000 saja. Sedangkan untuk parkir mobil dikenakan biaya Rp. 5000 dan parkir minibus sekitar Rp. 20.000 saja.

Fasilitas Pantai Greweng

Soal fasilitas dapat dibilang pantai ini memiliki fasilitas yang cukup. Beberapa kamar mandi sudah dibangun dan terdapat warung makan di area pantai. Disana juga terdapat camping area yang luas. Jadi semakin membuat wisatawan nyaman camping di area pantai. Namun sayangnya lokasi parkir cukup jauh dari Pantai Greweng. Untuk sampai di lokasi parkir, Kamu harus trekking terlebih dahulu. Di area parkir juga terdapat mushola dan kamar mandi yang cukup banyak. Jadi secara umum fasilitas yang ada di Pantai Greweng ini cukup memadai.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *