Pantai Kesirat – Pantai tanpa Pasir Putih yang Menawan

post-featured-image

Pantai Kesirat – Pantai tanpa Pasir Putih yang Menawan

Sebagian besar pantai-pantai yang ada di Gunung Kidul memiliki karakteristik berpasir putih dan dikelilingi dengan bukit-bukit. Namun pantai yang satu ini agak berbeda. Namanya adalah Pantai Kesirat. Pantai yang tidak memiliki garis pantai berpasir putih namun tetap menarik untuk dikunjungi. Apalagi jika kamu penyuka camping di pantai. Pantai Kesirat ini adalah salah satu lokasi yang tepat untuk dinikmati sambil camping ceria.

harga tiket masuk pantai kesirat
harga tiket masuk pantai kesirat

Pantai Kesirat ini memang tidak memiliki pasir pantai, namun memiliki keistimewaan lainnya yang membuat kamu harus berkunjung kesini. Buat kamu yang suka memangcing, disana adalah lokasi yang tepat. Terdapat sebuah tebing tinggi yang bisa dijadikan tempat memancing atau biasanya disebut rock fishing. Seru sekali rasanya jika bisa memancing langsung dari laut kemudian mendapatkan ikan segar yang bisa dimakan langsung disana atau dibawa pulang.
Jika tidak terlalu suka memancing, kamu bisa melihat aktivitas warga sekitar yang memancing disana. Kemudian jika kamu datang waktu sore hari, sunset akan terlihat lebih indah karena tidak terhalang apapun. Tentu saja kamu akan mendapatkan hasil foto yang memukau jika kesana saat sunset. Selain itu di Pantai Kesirat juga terdapat area luas untuk camping. Buat kamu yang suka camping, Pantai Kesirat adalah lokasi yang tepat karena camping disana cukup aman tanpa khawatir ombak sedang pasang.
Usahakan untuk memakai alas kaki yang tidak licin sehingga bisa nyaman saat digunakan dalam perjalanan menuju pantai. Jika kamu berniat ingin camping, akan dikenakan biaya tambahan yang akan diminta oleh pengelola sekitar. Memang Pantai Kesirat ini adalah lokasi yang cocok untuk camping. Hal itu karena di Pantai ini, lokasi camping terletak di dataran tinggi atau perbukitan. Sehingga dari atas area camping, Kamu bisa melihat pemandangan pantai dari atas tanpa terhalang apapun.
Selain sebagai lokasi wisata, ternyata Pantai Kesirat ini masih dianggap sakral bagi masyarakat setempat. Setahun sekali biasanya masyarakat setempat melaksanakan ngalap berkah atau brubuh-brubuh di Pantai Kesirat. Tradasi tersebut awalnya merupakan tradisi masyarakat Jawa yang tidak menebang pohon sembarangan. Mereka hanya menebang pohon saat musim pagi menguning saja. Tradisi brubuh-brubuh tersebut dengan cara menjaga keseimbangan alam masih berlanjut hingga kini.
Sayangnya, untuk ke destinasi wisata pantai Gunung Kidul ini hanya bisa dilalui oleh kendaraan pribadi saja. Baik motor maupun mobil bisa masuk hingga lokasi Pantai Kesirat. Namun untuk kendaraan besar belum bisa masuk hingga lokasi. Sehingga jika ingin kesana, akan lebih mudah untuk menggunakan jasa sewa mobil jogja jika Kamu ingin berencana untuk camping. Namun jika hanya sekedar ingin melihat pemandangan disana saja tanpa camping, maka ikut paket wisata jogja murah juga bisa menjadi alternatif pilihan lainnya.

Lokasi Pantai Kesirat

Lokasi Pantai Kesirat ini berada di Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Untuk menuju kesana diperlukan waktu sekitar satu jam perjalanan dari Kota Jogja. Estimasi jarak mencapai 40 km dari Kota Jogja menuju kesana. Akses jalan menuju Pantai Kesirat sudah bagus dan bisa dilalui kendaraan seperti mobil atau motor. Jadi kamu bisa kesana bersama rombongan keluarga atau teman.

camping pantai kesirat
camping pantai kesirat

Rute Pantai Kesirat

Rute menuju Pantai Kesirat cukup mudah ditemukan. untuk menuju kesana, Kamu bisa melalui rute ke arah rongroad timur. Kemudian ambil jalan yang mengarah ke Jalan Wonosari. Setelah itu, Kamu akan melewati daerah Piyungan dan Patuk. Lanjutkan perjalanan hingga sampai di Lapangan terbang Gading dan belok ke kanan. Ikuti rute ke arah Playen. Kemudian ambil rute ke arah Girikarto. Dari situ, biasanya sudh ada petunjuk jalan menuju ke Pantai Kesirat dan Wohkudu. Lanjutkan perjalanan hingga tiba di Pos Tanda Pembayaran Retribusi (TPR). Setelah itu, lanjutkan ke arah menuju Pantai Wohkudu. Tak jauh disana akan ada jalan atau petunjuk yang mengarahkan ke Pantai Kesirat.

lokasi pantai kesirat
lokasi pantai kesirat

Perjalnan menuju ke Pantai Kesirat memang cukup lama. Namun akan terasa asyik karena Kamu akan disambut dengan pemandangan indah di sepanjang perjalanan. Jalan utama menuju kesana juga cukup bagus. Walaupun di beberapa titik Kamu akan menemui jalan yang menanjak dan menurun. Tetap berhati-hati ketika berkendara dan pastikan kendaraan yang Kamu bawa dalam kondisi baik.

Harga Tiket Masuk Pantai Kesirat

Harga tiket masuk Pantai Kesirat cukup mudah. Kamu cukup membayar biaya masuk kawasan pantai sebesar Rp. 10.000 per orangnya. Dengan membayar tiket masuk tersebut, Kamu juga sudah bisa masuk ke kawasan wisata jogja pantai dengan gratis. Untuk harga atau tarif kendaraan disana juga sangat murah. Biaya parkir motor yaitu hanya Rp. 2000 saja. Sedangkan untuk biaya parkir mobil sebesar Rp. 5000 saja.Biasnya untuk pengunjung yang akan melakukan camping disana akan dikenakan biaya khusus. Untuk pertendanya dikenakan biaya sekitar Rp. 20.000 – Rp. 30.000. Sedangkan untuk kendaraan yang ingin parkir menginap disana, akan dikenakan biaya yang berbeda. Jika Kamu ingin melakukan camping disana, sebaiknya membawa bekal makanan dari luar. Kamu bisa membawa makanan ringan atau makanan instan. Di sekitar pantai memang terdapat beberapa warung. Namun jika sudah malam hari biasanya akan tutup dan tidak tentu jam bukanya.

Fasilitas Pantai Kesirat

Soal fasilitas bisa dibilang fasilitas Pantai Kesirat ini cukup lengkap. Terdapat toilet, warung, dan kamu juga bisa memarkirkan kendaraan dekat dengan pantai. Tinggal jalan 5 menit dari lokasi parkir sudah bisa menikmati keindahan Pantai Kesirat yang aduhai.

rute pantai kesirat
rute pantai kesirat

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *