Pantai Kukup – Pantai yang Selalu Ramai Dikunjungi Wisatawan

post-featured-image

Pantai Kukup – Pantai yang Selalu Ramai Dikunjungi Wisatawan

 

Pantai memang selalu menjadi tempat yang tepat untuk liburan. Rasanya, liburan ke pantai itu gak ada bosennya. Selalu saja menyenangkan dan bisa membuat hati serta pikiran pun hilang rasa lelahnya setelah berlibur ke pantai. Karena itulah, wisata jogja pantai hingga saat ini masih menjadi destinasi wisata favorit bagi para wisatawan.

Di Yogyakarta tepatnya di daerah Gunungkidul, terdapat sebuah pantai yang selalu ramai dikunjungi wisatawan. Pantai yang satu itu adalah Pantai Kukup. Pantai yang namanya sudah tak asing lagi ini selalu ramai dikunjungi banyak wisatawan ketika hari libur tiba maupun diluar hari libur. Biasanya wisatawan yang berkunjung kesini pada waktu selain bukan musim liburan adalah wisatawan yang melakukan study tour. Maka dari itu, destinasi wisata pantai di Yogyakarta ini selalu ramai dikunjungi wisatawan.

Keistimewaan dari Pantai Kukup adalah bibir pantainya yng membentang luas. Ombaknya pun tidak terlalu besar sehingga cocok untuk bermain air hingga berenang. Namun kamu tetap harus berhati-hati ketika ingin bermain air disana. Ketika air pantai surut, kamu bisa melihat biota laut dan kondisi terumbu karang di sekitar pantai. Perlu berhati-hati saat kamu ingin mendekat ke terumbu karang karena konturnya yang tajam jika terkena kulit tanpa alas kaki.

Di Pantai Kukup juga terdapat bulu babi. Perlu berhati-hati jika ingin bermain di tepi pantai. Pada musim-musim tertentu, bulu babi ini banyak terdapat di area bibir pantai. Jika terkena kulit, bisa menyebabkan gatal-gatal yang cukup parah.

Selain itu di sebelah timur Pantai Kukup ini terdapat pulau karang yang ukurannya cukup besar. Karena lokasinya yang tidak jauh dari bibir pantai, dibuatlah jembatan yang menghubungkan bibir pantai dengan pulau karang itu. Ketika kesana jangan melewatkan waktu untuk mengeksplorasi pulau karang tersebut. Disana terdapat sebuah rumah kecil yang bisa digunakan sebagai gardu pandandang. Pasti hasil fotomu juga lebih bagus ketika mencoba berfoto disana.

rute pantai kukup
rute pantai kukup

Untuk menyeberangi jembatan yang menghubungkan pantai dengan pulau karang, Kamu tidak perlu mengeluarkan biaya sepeserpun. Namun disana terdapat beberapa spot foto. Nah di spot foto itulah pengunjung biasanya akan dimintai biaya.

Jika ingin berkunjung ke Pantai Kukup, jangan lupa ajak teman ataupun keluarga. Pantai yang cukup ramai ini akan lebih menyenangkan jika dikunjungi bersama rombongan. Disana juga terdapat camping area. Kamu bisa membuat tenda jika ingin memutuskan bermalam di tepi pantai.

Waktu paling tepat berkunjung ke Pantai Kukup ini adalah pada pagi dan sore hari. Pada saat itu, cuaca tidak terlalu terik. Sehingga Kamu bisa mengeksplorasi Pantai Kukup dengan nyaman. Namun jika ingin kesana pada siang hari pun tak masalah. Agar terhindar dari teriknya matahari siang, Kamu bisa berteduh di bawah batu karang atau menyewa payung pantai untuk dijadikan tempat berteduh.

 

Lokasi Pantai Kukup

Lokasi Pantai Kukup berada di alamat Jalan Pantai Selatan Jawa, Kemadang, Tanjungsari, Gunungkidul, Yogyakarta . Kawasan Pantai Kukup ini dekat dengan wisata pantai di Gunungkidul lainnya seperti Pantai Sepanjang, Pantai Sundak, Pantai Baron dan Pantai Drini. Karena sudah lama dikenal wisatawan, pantai ini sudah memiliki akses jalan yang bagus. Untuk menuju kesana dair Kota Jogja dibutuhkan waktu lebih dari dua jam perjalanan. Kendaraan roda dua hingga bus pariwisata bisa masuk ke kawasan pantai. Jadi jika kamu ingin membawa rombongan besar, berkunjung saja ke Pantai Kukup.

lokasi pantai kukup
lokasi pantai kukup

 

Rute Pantai Kukup

Rute menuju Pantai Kukup ini cukup mudah dan jalannya pun sudah bagus. Apalagi destinasi wisata ini cukup populer, sehingga sudah banyak petunjuk jalan untuk menuju kesana. Rute Pantai Kukup dari Kota Yogyakarta bisa melewari Ringroad Timur. Setelah itu ambil jalan ke arah Jalan Wonosari. Lanjutkan perjalanan hingga sampai di alun-alun Wonosari. Teruskan perjalanan sampai di Pasar Hargosari. Di dekat pasar itu terdapat pertigaan kedua setelah pasar. Ambil rute menuju ke arah kanan yang merupakan rute ke pantai Baron. Setelah itu Kamu akan tiba di daerah Karangejek. Lanjutkan perjalanan sampai di Mulo. Kemudian teruskan ke arah Kemiri – Polsek Tanjungsari – Kemadang hingga sampai di Pos retribusi masuk ke pantai. Lanjutkan perjalanan hingga ke Pantai Kukup.

Harga Tiket Masuk Pantai Kukup

Harga tiket masuk Pantai Kukup ini cukup terjangkau. Per orangnya dikenakan biaya sebesar Rp. 10.000 saja. Itu sudah termasuk untuk tiket masuk ke wisata pantai yang ada disekitarnya seperti Pantai Baron, Kukup, Sepanjang, Drini dan Krakal. Sedangkan untuk parkir kendaraannya pun juga murah meriah. Parkir motor hanya dikenakan tarif Rp. 2.000 saja. Untuk parkir mobil tarifnya sebesar Rp. 5.000, sedangkan untuk parkir bus yaitu sebesar Rp. 20.000 saja.

Harga tiket tersebut sangat terjangkau mengingat berbagai macam fasilitas yang ditawarkan juga sangat lengkap. Apalagi Pantai Kukup ini juga destinasi wisata yang dikelola dengan baik. Meskipun ramai oleh wisatawan, namun kebersihan pantai ini sangat terjaga.

Fasilitas Pantai Kukup

Sebagai wisata yang sudah lama terkenal di kalangan pelancong, fasilitas yang ada di Pantai Kukup tentunya juga lengkap. Terdapat kamar mandi, warung makan, mushola, hingga penginapan. Disana juga terdapat jasa tukang foto yang siap membantu Kamu mengabadikan momen-momen ketika liburan disana. Kamu bisa meminta untuk dicetakin atau bisa juga hanya dalam bentuk file foto yang dikirimkan melalui handphone. Hasil fotonya juga bagus karena mereka juga terlatih mengambil gambar yang bagus.

harga tiket masuk pantai kukup
harga tiket masuk pantai kukup

Beberapa fasilitas tambahan yang ada disana yaitu seperti adanya persewaan tenda seharga Rp. 50.000-Rp. 80.000, penyewaan payung  seharga Rp. 20.000, penyewaan tikar Rp. 20.000, penyewaan ember dan jaring seharga Rp. 10.000 dan spot selfie dengan harga Rp. 3.000.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *