Perjuangan ke Pantai Mbirit dengan Trekking yang Terjal

post-featured-image

Perjuangan ke Pantai Mbirit dengan Trekking yang Terjal

Terkadang kita harus mencoba berwisata ke tempat-tempat terpencil dan tidak banyak dikunjungi oleh wisatawan agar bisa menikmati suasana liburan dengan lebih tenang. Jika Kamu suka ke tempat wisata yang cenderung sepi, maka banyak tempat wisata di Gunung Kidul yang menyediakan lokasi wisata yang masih sepi. Salah satunya adalah destinasi wisata Pantai Mbirit. Tak banyak orang yang tahu dan mendengar nama pantai tersebut. Sehingga suasana disana akan sangat tenang namun juga tetap menyenangkan.
Untuk menuju pantai Mbirit ini Kamu harus trekking terlebih dahulu. Jadi untuk kamu yang suka destinasi wisata yang cukup ekstrim, ini adalah lokasi yang pas. Namun jika kurang suka dengan lokasi wisata yang membutuhkan trekking, maka skip saja destinasi wisata yang satu ini.

lokasi pantai mbirit
lokasi pantai mbirit

Pantai Mbribit memiliki garis pantai yang pendek. Pantai ini dipenuhi dengan tebing-tebing karang yang ukurannya tinggi dan besar. Namun malah itulah yang menjadi keistimewaan tersendiri. Apalagi Pantai Mbribit juga diapit oleh dua bukit yang menjadikan pantai tersebut terasa seperti private heaven.
Jika kamu penyuka sunset, naiklah ke atas bukit sehingga kamu bisa melihat keindahan sunset tanpa terhalang apapun. Dengan tebing-tebing karang yang besar, Pantai Mbribit semakin terlihat menarik. Mungkin kamu berencana untuk melakukan photosession, bisa disana tempatnya.
Pantai Mbirit adalah pantai baru gunungkidul yang masih sepi dari pengunjung. Biasanya yang datang kesana adalah anak-anak muda yang akan melakukan camping. Jika ingin ngecamp disana, pastikan ombak sedang tidak besar dan tidak pasang. Karena jika sedang waktu ombak pasang, sangat berbahaya untuk ngecamp di bibir pantai. Jadi pastikan dulu kamu kesana di waktu yang tepat. Kamu juga harus membawa peralatan camping sendiri karena disana tidak ada tempat penyewaan camping.
Sayangnya, untuk menuju ke Pantai Mbirit ini tidak ada transportasi umum. Sehingga Kamu harus menggunakan transportasi pribadi. Agar lebih nyaman, Kamu bisa menggunakan jasa sewa mobil jogja untuk kendaraan menuju kesana. Kamu pun bisa mencoba paket wisata jogja murah jika tidak ingin repot.

Lokasi Pantai Mbrit

Lokasi Pantai Mbribit berada di Karang Gn, Krambil Sawit, Sapto Sari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Perjalanan dari kota Jogja menuju ke Pantai Mbribit membutuhkan waktu lebih dari dua jam. Kamu bisa menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat untuk menuju lokasi wisata. Jika bingung, jangan lupa untuk mengaktifkan GPS. Untuk bisa sampai di lokasi Pantai Mbirit, Kamu harus turun di Pantai Butuh. Kemudian dilanjutkan trekking untuk bisa sampai di Pantai Mbirit yang Kamu tuju.

harga tiket masuk pantai mbirit
harga tiket masuk pantai mbirit

Rute Pantai Mbrit

Untuk Rute Pantai Mbirit dari kota Yogyakarta Kamu bisa melalui jalur Ringroad Timur. Setelah itu, ambil rute ke arah Jalan Wonosari. Lanjutkan perjalanan hingga ke arah Piyungan dan Patuk. Kemudian teruskan perjalanan dengan mengambil ke arah Playen. Ketika sudah sampai di Pasar Playen, ikutilah ke arah selattan.

 

Lanjutkan perjalanan menuju Pantai Mbirit melalui rute yang mengarah ke Pusat latihan tempur TNI AD. Teruskan perjalanan ke selatan sampai ke wilayah PolsekSaptosari. Kemudian ikuti arah ke barat yang menuju ke jalan Panggang Wonosari. Lalu teruskan hingga Kamu tika di Desa Jetis. Selanjutnya Kamu menuju ke arah balai desa Krambil Sawit. Lalu tak jauh dari sana akan terdapat petunjuk ke arah Pantai Butuh. Nah Kamu harus menitipkan kendaraan ke Pantai Butuh.
Kamu juga bisa mengikuti rute paling mudah yaitu dengan mengikuti jalan ke Pantai Ngeden yang berada di sebelah barat Pantai Ngobaran. Setelah itu kamu harus menuju ke Pantai Butuh. Disanalah kamu bisa memarkirkan kendaraan karena harus trekking selama 20-30 menit.
Untuk menuju ke Pantai Mbirit ada dua cara. Cara pertama yaitu Kamu bisa lewat jalur di bibir pantai. Namun ini bisa dilakukan jika pantai dalam keadaan surut. Tapi kalau air sedang pasang, jangan coba-coba untuk lewat di bibir pantai. Meskipun jalur ini lebih cepat, dalam kondisi air pasang akan sangat membahayakan. Untuk cara kedua yaitu lewat perbukitan. Memang jika lewat perbukitan ini rutenya cukup jauh. Namun lebih aman dan Kamu bisa melihat keindahan pemandangan laut dari atas bukit. Jika Kamu memilih jalan kedua ini, maka pakailah alas kaki yang nyaman. Kamu akan melewati bukit yang cukup terjal dan batunya cukup tajam.
Memang perjalanan trekking untuk menuju Pantai Mbirit ini bisa dibilang cukup lama dan menguras tenaga. Namun jika Kamu berencana untuk camping di Pantai Mbirit, ini sangat worth it. Perjalanan yang melelahkan itu juga akan terbayarkan dengan pemandangan yang indah nan mempesona.

Harga Tiket Masuk Pantai Mbirit

Untuk harga tiket masuk Pantai Mbirit ini hampir sama dengan tiket masuk wisata jogja pantai lainnya yang ada di Gunungkidul. Pengunjung yang datang ke kawasan Pantai Mbirit ini dikenakan tarif Rp. 10.000 saja per pengunjung. Sedangkan untuk biaya parkir disana yaitu sebesar Rp. 3000 untuk parkir kendaraan roda dua atau motor. Sedangkan untuk biaya parkir mobil sekitar Rp. 5000. Jika Kamu akan camping dan menitipkan kendaraan dengan menginap, maka akan ada biaya khususnya.

Fasilitas Pantai Mbirit

Untuk fasilitas Pantai Mbirit ini sangat terbatas. Disana jarang ditemui warung dan kamar mandi. Sehingga untuk keperluan ketersediaan makanan dan minuman, lebih baik Kamu berjaga-jaga dengan membawa terlebih dahulu. Usahakan untuk membawa banyak air minum dan makanan ringan atau berat jika Kamu ingin bermalam di Pantai Mbirit.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *