Camping di Pantai Ngetun yang Masih Sepi

post-featured-image

Camping di Pantai Ngetun yang Masih Sepi

 

Berwisata ke pantai memang tidak pernah ada bosannya. Pantai selalu saja menularkan energi positif bagi siapa saja yang berkunjung kesana. Tak heran jika banyak orang-orang yang penat dengan rutinitasnya kemudian lari ke pantai dan bermalam disana untuk me-refresh pikiran. Sekarang ini minat wisatawan pada aktivitas camping semakin meningkat. Jika weekend tiba, pantai-pantai yang ada di Yogyakarta umumnya ramai oleh wisatawan yang camping. Padahal terkadang kita menginginkan suasana yang tidak terlalu ramai agar bisa mendapatkan ketenangan ketika liburan. Jika kamu berniat untuk camping di tempat yang tidak terlalu ramai, cobalah untuk datang ke Pantai Ngetun. Pantai tersebut memiliki pemandangan eksotis, belum terlalu ramai, dan cocok digunakan untuk camping.

Pantai Ngetun merupakan pantai yang lokasinya berada di sebelah barat Pantai Siung dan di sebelah timur Pantai Pok Tunggal. Diapit oleh dua buat bukit yang menjorong ke lautan dan cukup tinggi membuat Pantai Ngetun terlihat seperti pantai indah yang terpencil. Panjang bibir pantainya pun hanya 500 meter. Namun menyenangkan untuk digunakan sebagai tempat camping.

lokasi pantai ngetun
lokasi pantai ngetun

Jika kamu berniat untuk camping dan bermalam disana, jangan lupa untuk mempersiapkan perlengkapan camping dengan menyewanya terlebih dahulu ketika kamu berada di Kota Jogja. Datanglah ketika sore hari sebelum matahari terbenam. Nikmatilah sunset dari atas bukit yang ada di sekitar Pantai Ngetun. Melihat sunset dari atas bukit dengan pemandangan alam dan pantai yang menghampar pasti menjadi pengalaman yang tidak akan terlupakan. Ketika malam hari, langit yang dipenuhi bintang akan membentang. Polusi udara yang minim membuat langit terlihat cerah dan kamu jika kamu penyuka fotografi maka bisa mengambil foto milkyway disana.

Pantai Ngetun ini hingga kini masih terjaga kebersihannya dan kealamiannya. Pada hari weekend, pengunjung pantai ini tidak terlalu ramai. Jadi untuk Kamu yang ingin mencari kesunyian dan kedamaian, mungkin cocok datang ke pantai ini dan merasakan pengalaman camping di Pantai Ngetun. Pagi harinya, Kamu bisa mengeksplorasi bukit yang ada di sekeliling Pantai Ngetun. Cukup berjalan kaki beberapa menit, Kamu sudah bisa sampai di puncaknya. Dari atas bukit Kamu akan bisa melihat keindahan Pantai Ngetun dari atas dan akan terkagum-kagum dengan keindahannya.

Lokasi Pantai Ngetun

Lokasi Pantai Ngetun berada di Dusun Sureng, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Gunungkidul, Yogyakarta. Perjalanan kesana membutuhkan waktu lebih dari dua jam. Namun itu akan terbayar dengan pemandangan pantai yang mengagumkan. Jika ingin kesana, alangkah baiknya jika Kamu menggunakan motor saja. Sebenarnya bisa saja kesana menggunakan mobi, namun kondisi jalan yang sempit membuat Kamu perlu ekstra hati-hati untuk menuju kesana.

Rute pantai ngetun
Rute pantai ngetun

Secara umum, kontur jalan menuju lokasi pantai Ngetun cukup menantang. Jalan utama menuju kesana memang mulus dan beraspal. Namun di beberapa titik akan ditemui tanjakan, turunan dan kelokan yang cukup memacu adrenalin. Apalagi ketika memasuki jalan ke kawasan Pantai Ngetun, Kamu akan melewati jalanan yang sempit dan berbatu. Pastikan untuk mengecek kondisi kendaraanmu terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk berkunjung kesana.

Dengan kontur jalan yang naik turun serta kondisi jalan yang sempit, sudah bisa dipastikan lokasi Pantai ini tidak bisa dilalui oleh kendaraan besar seperti bus. Jadi pantai ini kurang cocok jika kamu berkunjung dengan rombongan besar. Mungkin jika berniat membawa rombongan besar bisa memilih opsi berkunjung ke pantai lainnya seperti pantai Indrayanti ataupun pantai Baron.

 

Rute Pantai Ngetun

Rute menuju Pantai Ngetun ini agak sulit dilalui. Karena selain akses jalannya yang kurang bagus. Rute ke Pantai Ngetun ini juga  minim papan petunjuk jalan. Sehingga Kamu harus rajin bertanya kepada penduduk sekitar atau menggunakan bantuan Google Maps agar tidak nyasar.

Untuk menuju ke Pantai Ngetun ini dari Kota Yogyakarta, Kamu bisa ke arah Ringroad Timur. Setelah itu ambil rute ke arah Jalan Wonosari. Ikuti jalan utama itu kemudian lurus terus menuju Jl Nasional rte 3. Setelah itu tetap di jalan utama menuju ke Jl Jogja-Wonosari. Lanjutkan perjalanan hingga melewati Jl Kyai Legi kemudian lurus melalui Jl krt Judodiningrat. Sampai di perempatan ikuti ke arah selatan melewati Jalan Baron. Lurus terus hingga sampai di pertigaan maka ambil arah ke kiri. Kamu akan melewati Jl Tepus. Kemudian ikuti jalan itu hingga melewati Jalan Pantai Selatan. Kemudian Kamu bisa mencari papan petunjuk jalan yang mengarahkan ke Pantai Ngetun.

camping di pantai ngetun
camping di pantai ngetun

Untuk menuju ke Pantai Ngetun dari Kota Yogyakarta memerlukan waktu tempuh sekitar 2,5 jam. Memang pantai ini tergolong jauh dari Kota Jogja. Namun perjalanan jauhmu akan terbayarkan dengan keindahan pantainya. Jarak yang Kamu tempuh untuk menuju kesana yaitu sekitar 80 kilometer. Jadi persiapkan kendaraanmu dan jangan sampai lupa mengisi bensin hingga penuh.

Fasilitas Pantai Ngetun

Untuk soal fasilitas, karena pantai Ngetun ini adalah tempat wisata yang agak mblusuk, maka fasilitas yang ada disana pun seadanya. Fasilitas Pantai Ngetun juga merupakan fasilitas yang dibangun oleh warga sekitar. Hal itu demi memudahkan dan menjaga kenyamanan pengunjung agar lebih banyak yang datang ke Pantai Ngetun. Adapun fasilitas yang ada disana diantaranya adalah toilet, mushola, tempat parkir hingga warung yang menjual makanan dan minuman.

Harga Tiket Masuk Pantai Ngetun

Untuk harga tiket Pantai Ngetun pun cukup terjangkau. Wisatawan yang berkunjung kesana dikenakan biaya retribusi Rp. 6000 per orang. Sedangkan untuk biaya parkirnya juga sangat terjangkau. Biaya parkir motor yaitu sebesar Rp. 3000, kemudian biaya parkir mobil Rp. 5000. Harga yang sangat murah untuk destinasi yang sangat mengagumkan!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *