Menikmati Camping Asyik di Pantai Ngrumput

post-featured-image

Menikmati Camping Asyik di Pantai Ngrumput

 

Menjelajahi pantai-pantai yang ada di Gunungkidul seakan-akan tidak ada habisnya. Selalu saja ada spot wisata pantai baru di Gunungkidul yang menarik untuk dikunjungi. Keunikan tiap pantai pun berbeda-beda. Ada yang cocok digunakan untuk berenang, foto-foto, kulineran, olahraga ektrim, hingga untuk camping.

Tidak semua pantai di Gunungkidul cocok digunakan untuk camping. Karena memiliki kontur yang berbeda-beda, maka hanya beberapa pantai yang cocok digunakan untuk camping. Biasanya pantai yang paling cocok digunakan untuk camping adalah pantai yang tidak terlalu ramai, masih alami, serta memiliki camping ground. Jika kamu berniat untuk wisata ke Pantai di Gunungkidul sekaligus ingin mencoba camping disana, maka alternatif pantai yang tepat untuk camping adalah Pantai Ngrumput.

harga tiket masuk pantai ngrumput
harga tiket masuk pantai ngrumput

Pantai Ngrumput ini memiliki camping area yang cukup luas. Asyiknya lagi, area untuk mendirikan tenda merupakan area yang luas dan dikelilingi oleh bukit yang tinggi. Tak jauh dari Pantai Ngrumput juga terdapat Puncak Kosakora yang berada di sebelah Timur. Jika kamu penasaran, maka jangan lewatkan untuk mampir juga ke Bukit Kosakora. Kamu bisa melihat keindahan pantai-pantai di Gunungkidul dari atasnya.

Jika kamu bermalam di Pantai Ngrumput, pagi harinya naiklah ke Bukit Kosakora dan nikmati pemandangan sunrise dari atas bukit itu. Dengan trekking sekitar 10 menit. Kamu sudah bisa sampai di atas puncaknya. Dari atas puncak Kosakora, Kamu bisa melihat pemandangan pantai yang dikelilingi dengan bukit-bukit. Sungguh pemandangan yang sangat indah.

Pantai Ngrumput ini memiliki pasir putih yang cukup luas. Untuk kebersihannya juga cukup terjaga. Dengan ombak yang tidak begitu besar, pantai ini cocok buat bermain air dan seru-seruan di tepi pantai. Pada saat pantai surut, Kamu bisa melihat rumput laut yang banyak terdapat di bibir pantai. Kamu juga bisa melakukan susur pantai dengan melalui pinggiran pantai pada saat air sudah surut. Jika Kamu ke arah barat, maka akan terdapat Pantai Drini yang cukup ramai dikunjungi wisatawan.

Jika ingin mendapatkan suasana yang tidak terlalu ramai saat berkunjung kesana, hindari hari-hari besar seperti tahun baru dan libur sekolah. Pada saat-saat liburan memang banyak pengunjung yang datang dan ingin camping disana. Pantai Ngrumput ini cocok dikunjungi buat Kamu yang ingin camping di area pantai. Namun kurang cocok jika hanya ingin menikmati suasana pantai. Karena untuk menuju ke kawasan pantainya butuh perjuangan yang mengaharuskanmu untuk trekking. Namun capek trekking ke Pantai Ngrumput akan terbayarkan dengan pemandangan alami yang ada disana.

 

Lokasi Pantai Ngrumput

Lokasi Pantai Ngrumput berada di Desa Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari, Gunungkidul, Yogyakarta. Kamu harus memarkirkan kendaraan di Pantai Drini terlebih dahulu. Setelah itu bisa melakukan trekking lewat bibir pantai jika sedang surut dengan waktu kurang lebih 20 menit. Perjalanan trekking yang cukup jauh itu memang agak menguras tenaga. Namun itu akan terbayarkan dengan pemandangan Pantai Ngrumput yang aduhai. Apalagi jika Kamu ingin camping, maka ini adalah lokasi yang tepat.

Rute pantai ngrumput
Rute pantai ngrumput

 

Rute Pantai Ngrumput

Untuk menuju ke Pantai Ngrumput, cukup mudah  dan bisa dijangkau dengan kendaraan pribadi. Kamu bisa menggunakan motor atau mobi. Sedangkan untuk bus pariwisata, rasanya cukup susah untuk masuk ke area Pantai Ngrumput. Kendaraan umum juga tidak menjangkau ke daerah tersebut. Sehingga jika Kamu berasal dari luar kota, sebaiknya menggunakan sewa mobil jogja atau menggunakan jasa paket wisata jogja.

Rute Pantai Ngrumput ini dari Kota Yogyakarta bisa melalui ke arah Ringroad Timur kemudian ambil arah ke Jalan Wonosari. Kemudian lanjutkan perjalanan di jalur utama hingga sampai di daerah alun-alun Gunungkidul. Kemudian pada saat tiba di Pasar Hargosari, lanjutkan perjalanan. Teruskan hingga ada pertigaan kedua setelah pasar kemudian ambil kanan menuju Jalan Baron. Teruskan perjalanan hingga ke Karangkejek – Mulo – Kemiri – Polsek Tanjungsari – Kemadan – hingga sampai di Pos retribusi pantai (TPR). Kemudian ada pertigaan, belok ke kiri. Hingga sampai di pertigaan Pantai Kukup belok kiri lagi. Lanjutkan hingga ke Pantai Sepanjang. Lalu di pertigaan Pantai Drini, belok ke kanan. Nah Kamu sudah sampai di Pantai Drini. Untuk menuju ke Pantai Ngrumput, Kamu bisa parkir kendaraanmu di Pantai Drini lalu trekking lewat bukit atau tepi pantai. Namun untuk lebih dekatnya, Kamu juga bisa parkir kendaraan di area Pantai Ngrumput. Dari tempat parkir Pantai Ngrumput, Kamu bisa jalan kaki menuju ke area camping ground sekitar 15 menit.

lokasi pantai ngrumput
lokasi pantai ngrumput

Harga Tiket Masuk Pantai Ngrumput

Harga tiket masuk Pantai Ngrumput juga cukup terjangkau. Untuk biaya masuk kawasan pantai, Kamu hanya perlu membayar biaya sebesar Rp. 10.000 per orangnya. Sedangkan untuk biaya parkir sepeda motor hanya Rp. 3.000. Kemudian parkir mobil Rp. 5.000. Kemudian jika Kamu lewat rute trekking dari atas bukit, biasanya akan dimintai biaya Rp 2.000 per orangnya. Buat Kamu yang ingin camping di area Pantai Ngrumput, Kamu akan dimintai uang kebersihan. Biaya untuk uang kebersihan sekaligus izin camping yaitu sebesar Rp. 15.000 – Rp. 20.000 per tenda.

Fasilitas Pantai Ngrumput

Soal fasilitas sudah tidak perlu khawatir karena disana fasilitas Pantai Ngrumput yang memadai seperti warung, tempat solat, tempat parkir, hingga kamar mandi. Bahkan kamu juga bisa menyewa perlengkapan camping disana lho.  Untuk perlengkapan camping, harga sewanya sekitar Rp. 60.000-Rp. 80.000 per malamnya. Namun untuk berjaga-jaga, jika memang Kamu berencana untuk camping, sebaiknya sudah menyediakan perlengkapan camping sebelum berangkat ke Pantai Ngrumput.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *