Berburu Kuliner Seafood di Pantai Sadeng

post-featured-image

Berburu Kuliner Seafood di Pantai Sadeng

Wisata pantai di Gunungkidul kini semakin digemari para wisatawan baik dari luar maupun dalam negeri. Pantai-pantai yang ada di Yogyakarta pun memiliki keunikan tersendiri. Mulai dari yang memiliki hamparan pasir putih membentang, memiliki bukit-bukit yang indah, hingga pantai yang menyediakan kuliner seafood istimewa. Karena itulah wisatawan yang datang ke Gunungkidul tak akan pernah bosan mengunjungi pantai-pantai yang ada disana dengan karakteristiknya yang berbeda.
Jika Kamu juga seseorang yang suka dengan pantai. Maka rekomendasi wisata pantai Jogja yang bisa Kamu kunjungi adalah ke pantai Pantai Sadeng. Dengan keistimewaanya tersendiri, Pantai Sadeng ini layak untuk dikunjungi. Selain karena pemandangannya yang indah, Pantai Sadeng ini juga memiliki sajian kuniner seafood yang sangat lezat.
Berbagai macam sajian seafood dapat Kamu dapatkan di warung makan yang ada di kawasan Pantai Sadeng. Seafood yang dihidangkan pun juga sangat segar karena diambil langsung dari pantai oleh nelayan setempat. Selain menjadi pantai yang memiliki sajian seafood lezat, Kamu juga bisa melakukan aktivitas rosk fishing disini. Rock fishing adalah memancing di atas batu. Ini biasa dilakukan di pantai-pantai yang ada di Gunungkidul.

lokasi pantai sadeng
lokasi pantai sadeng

Jika ingin melakukan rock fishing, maka jangan lupa untuk membawa perlengkapan sendiri dari rumah. Selain itu, lihat dulu apakah cuacanya memungkinkan atau tidak. Jangan memaksakan diri untuk tetap memancing jika sudah terlanjur sampai sana namun cuaca sedang buruk. Demi keamanan, lebih baik ikuti petunjuk dari warga atau penjaga pantai yang ada disana.
Pantai Sadeng ini adalah tempat wisata jogja murah yang kurang cocok untuk camping. Pantai ini lebih cocok sebagai lokasi untuk menikmati seafood bersama keluarga sambil menikmati suasana pantai. Jika ingin bermain air atau berenang di pantai, mungkin Kamu bisa berkunjung ke pantai lain yang ada di sekitarnya.
Sayangnya, akses menuju Pantai Sadeng ini hanya bisa menggunkan kendaraan pribadi. Kendaraan umum tidak menjangkau lokasi wisata tersebut. Sehingga jika Kamu ingin kesana, pilihannya bisa menggunakan paket wisata jogja murah atau sewa mobil jogja murah.

Sejarah Pantai Sadeng

Sejarah Pantai Sadeng dulunya sempat beredar cerita bahwa pantai ini adalah bagian dari sungai purba yang terletak di wilayah Gunung Api purba yang. Mungkin cerita tersebut benar adanya karena setiap jalan menuju kesana akan melewati jurang atau bukit. Selain itu kontur bebatuannya pun tajam dan keras seperti pada batu karang.

Lokasi Pantai Sadeng

Lokasi Pantai Sadeng berada di alamat Songbayu, Girisubo, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Pantai tersebut dikenal sebagai perkampungannya para nelayan. Maka ketika berkunjung kesana kamu akan melihat banyak perahu nelayan dan aktivitas para nelayan yang ada di sekitar pantai. Selain bisa menikmati keindahan Pantai Sadeng, kamu juga bisa mencicipi wisata kuliner seafood yang masih segar hasil tangkapan para nelayan disana.

kuliner seafood pantai sadeng
kuliner seafood pantai sadeng

 

Rute Pantai Sadeng

Rute Pantai Sadeng sebenarnya cukup mudah untuk dilalui motor atau mobil. Untuk menuju kesana dari Kota Jogja bisa mengambil ke arah ringroad timur. Setelah itu ambil jalan menuju Jalan Wonosari. Ikuti terus jalan besar itu hingga menuju Jalan National rte3. Setelah itu Kamu teruskan perjalanan menuju Jalan KyaiLegi. Kemudian lewat Jalan krt Judodinigrat lurus terus sampai lewat Jalan Sadeng. Tak lama Kamu pun akan menemukan lokasi Pantai Sadeng.
Jarak Pantai Sadeng dari Kota Yogyakarta yaitu sekitar 85 kilometer. Untuk menuju kesana membutuhkan waktu sekitar 2,5 jam perjalanan. Akses jalan menuju Pantai Sadeng sudah cukup bagus. Namun jalan menuju kesana cukup menantang. Terdapat tanjakan dan kelokan yang memacu adrenalinmu.
Selain itu jalan disekitar area pantai Gunungkidul juga belum ada lampu jalan. Ketika pulang pada waktu petang, maka Kamu harus ekstra hati-hati. Selain karena suasana yang gelap, jalanan juga cukup sepi

Fasilitas Pantai Sadeng

Fasilitas Pantai Sadeng juga lumayan lengkap. Untuk fasilitas yang ada disana yaitu diantaranya adalah kamar mandi, mushola, tempat parkir yang luas, warung makan, hingga penginapan. Disana juga terdapat perahu-perahu nelayan yang sedang berlabuh. Jika Kamu ingin merasakan sensasi naik perahu di pantai, tak ada salahnya untuk menyewa perahu yang ada disana. Namun jika Kamu takut, maka bersantai di pinggir pantai bisa menjadi pilihan.

rute pantai sadeng
rute pantai sadeng

Aktivitas lainnya yang bisa kamu lakukan disana yaitu mencoba naik perahu nelayan yang disewakan untuk berkeliling di sekitar area pantai. Ombak disana tidak terlalu besar, jadi jangan takut untuk mencoba tantangan naik perahu nelayan ketika berkunjung kesana. Bagi kamu yang suka kegiatan memancing, bawalah peralatan pancing dan kamu bisa menghabiskan waktu untuk memancing ikan di dermaga Pantai Sadeng. Hasil tangkapannya bisa kamu nikmati disana atau dapat dibawa pulang.

Harga Tiket Masuk Pantai Sadeng

Harga tiket masuk Pantai Sadeng yaitu sebesar Rp.10.000. Harga tersebut untuk tarif masuk pos retribusi kawasan pantai, belum termasuk biaya parkir. Sedangkan biaya untuk parkirnya pun juga sangat terjangkau. Untuk parkir motor hanya dikenakan biaya Rp. 3000 saja. Kemudian untuk biaya parkir motor dikenakan biaya Rp. 5000.
Dari waktu ke waktu Pantai Sadeng terus mengalami pembenahan dan semakin nyaman untuk dikunjungi wisatawan. Kini fasilitas yang ada disana sudah lengkap. Akses jalan kesana pun sudah mulus dan dapat dilalui kendaraan roda dua maupun roda empat dengan aman. Namun ketika malam hari, penerangan di sekitar sana masih tergolong minim. Jadi hati-hati di jalan ketika kamu akan pulang dari Pantai Sadeng pada waktu petang.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *