Pantai Sanglen – Pantai Sepi Cocok Buat Camping

post-featured-image

Pantai Sanglen – Pantai Sepi Cocok Buat Camping

 

 

Gunungkidul memang surganya pantai berpasir putih. Deretan pantai-pantai disana kini ramai dikunjungi wisatawan ketika liburan tiba. Namun tidak semua pantai di Gunungkidul ramai, ada juga yang masih terjaga keasriannya hingga sepi dari pengunjung. Salah satunya adalah Pantai Sanglen. Namanya masih terdengar asing. Tak ada salahnya untuk berkunjung kesana ketika liburan tiba.

lokasi pantai sanglen
lokasi pantai sanglen

Pantai Sanglen ini memiliki karakteristik pantai yang mirip dengan pantai-pantai yang ada di kawasan Gunung Kidul. Pantai ini juga diapit dengan dua bukit. Menjadikannya semakin mengagumkan. Bukit di sebelah Barat memisahkan Pantai Sanglen dengan Pantai Sepanjang. Sedangkan bukit di sebelah Timur memisahkan Pantai Sanglen dengan Pantai Watukodok.

 

Namun ada satu hal yang membuat pantai ini istimewa. Yaitu karena Pantai Sanglen ini memiliki pohon-pohon cemara udang yang ada di bibir pantai. Biasanya pohon cemara udang ini hanya ditemukan di Pantai yang ada di daerah Bantul. Meskipun jumlah pohon cemara udang tidak sebanyak yang ada di Pantai Goa Cemara, namun sudah cukup untuk menjadi tempat berteduh wisatawan ketika mereka kesana waktu siang hari. Buat kamu yang suka hammocking juga cocok untuk membawa hammock dan menikmati suasana pantai disana.

 

Selain itu keistimewaan lainnya yaitu ketika air sedang surut, kamu bisa melihat rumput laut yang berada di bibir Pantai Sanglen. Rumput laut itu membentang panjang di bibir pantai dan memberikan keindahan tersendiri. Air di Pantai Sanglen juga terlihat indah karena warnanya kebiruan. Untuk ombaknya juga tidak terlalu ganas.

 

Di pantai yang masih asri dan alami ini rasanya sayang jika tidak bermain air. Jika Kamu ingin bermain air, maka jangan lupa untuk membawa baju ganti. Hal itu karena di area pantai ini tidak ada penjual baju seperti di pantai-pantai lainnya yang terkenal. Namun, jika Kamu malas bermain air, maka bersantai di bawah pohon cemara juga menarik untuk dilakukan.

 

Jika Kamu berniat untuk bermalam di pantai ini, jangan lupa untuk membawa perlengkapan camping sendiri. Karena disana tidak ada tempat penyewaan camping. Jadi berjaga-jaga saja yaa!

 

 

Lokasi Pantai Sanglen

 

Lokasi Pantai Sanglen berada di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Gunungkidul, Yogyakarta. Lokasinya berada di sebelah Timur Pantai Sepanjang dan sebelah barat Pantai Watukodok.  Untuk menuju kesana aksesnya hanya bisa menggunakan kendaraan pribadi. Hingga kini belum ada transportasi umum yang menjangkau destinasi wisata jogja pantai tersebut.

camp pantai sanglen
camp pantai sanglen

Namun tak perlu khawatir, jika Kamu berasal dari luar Jogja dan tidak memiliki kendaraan pribadi menuju kesana, maka sebaiknya gunakan jasa sewa mobil jogja. Kamu bisa menyewa mobil untuk menuju ke destinasi wisata tersebut. Tapi jika Kamu tidak ingin repot, sebaiknya menggunakan jasa paket wisata Jogja saja. Jadi Kamu tinggal berangkat liburan saja, tak perlu repot memikirkan berbagai macam hal.

 

 

Rute Menuju Pantai Sanglen

 

Rute menuju Pantai Sanglen ini cukup mudah untuk ditemukan. Untuk menuju kesana, Kamu bisa menggunakan kendaraan roda dua seperti motor atau menggunakan kendaraan roda empat seperti mobil. Bus dan kendaraan besar tidak bisa masuk lokasi Pantai Sanglen. Meskipun Pantai Sanglen termasuk wisata jogja baru, namun jalan menuju kesana sudah cukup bagu. Untuk menuju kesana dari arah Kota Jogja membutuhkan waktu kurang lebih dua jam perjalanan. Meskipun cukup lama, pasti di perjalanan Kamu tidak akan bosan. Karena pemandangan sepaanjang perjalanan menuju lokasi sangat indah sekali.

Rute pantai sanglen
Rute pantai sanglen

Rute Pantai Sanglen dari Kota Jogja bisa melalui jalur Ringroad Timur. Setelah itu, lanjutkan perjalanan dengan mengambil ke Jalan Wonosari. Kamu akan melewati daerah Piyungan – Bukit Bintang – Patuk – Rest Area Bunder Hutan Wanagama. Setelah itu akan melewati Kota Wono sari dan alun-alunnya. Kemudian di Bangjo pertigaan pos polisi, ambil jalur ke arah kanan yang menuu ke Jalan Baron. Di sini Kamu tinggal mengikuti papan petunjuk yang mengarahkan ke Pantai Baron/Drini/Kukup karena Pantai Sanglen ini searah dengan pantai-pantai tersebut.

 

Setelah Kamu melewati Tempat Penarikan Retribusi (TPR) untuk membayar tiket masuk, kemudian ikuti ke arah Pantai Kukup. Setelah itu lanjutkan ke arah Pantai Watukodok. Masuk ke jalan cor coran di Watukodok dan akan ada pertigaan kecil. Ambil jalur yang menuju ke kanan. Dan Kamu akan sampai di parkiran Pantai Sanglen.

 

Harga Tiket Masuk Pantai Sanglen

 

Untuk harga tiket masuk Pantai Sanglen ini sangat terjangkau. Seperti pantai-pantai lainnya yang ada di Gunung Kidul, Kamu hanya perlu membayar biaya tiket masuk di TPR pantai sebesar Rp. 10.000. Itupun Kamu masih gratis untuk bisa masuk ke destinasi wisata Pantai lainnya yang ada di sekitar Pantai Sanglen.

Harga tiket masuk pantai sanglen
Harga tiket masuk pantai sanglen

Sedangkan untuk biaya lainnya, yaitu Kamu hanya perlu membayar biaya parkir. Untuk sekali parkir motor akan dikenakan biaya Rp. 3.000. Sedangkan jika Kamu parkir mobil akan dikenakan biaya Rp. 5000. Kamu juga bisa camping di daerah Pantai Sanglen. Namun sepertinya jika Kamu mendirikan tenda dan bermalam di tepi pantai akan dikenakan biaya lagi. Biasanya biaya untuk camping bervariasi. Sekitar Rp. 10.000-Rp. 15.000. Cukup murah kan? Apalagi dengan pengalaman dan pemandangan indah yang Kamu dapatkan maka ini sangat woth it!

 

Fasilitas Pantai Sanglen

 

Tenang saja untuk soal fasilitas, meskipun Pantai Sanglen jarang dikenal oleh wisatawan, tapi fasilitasnya cukup memadai. Fasilitas Pantai Sanglen diantaranya adalah kamar mandi, tempat solat, hingga warung makan. Jadi tidak perlu ragu untuk berkunjung ke pantai ini. Disana pun juga terdapat camping area yang cukup luas dan nyaman.

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *