Keindahan Pantai Seruni yang Jarang Dikenal Wisatawan

post-featured-image

Keindahan Pantai Seruni yang Jarang Dikenal Wisatawan

Terkadang beberapa orang sengaja ingin liburan karena ingin mendapatkan suasana tenang. Namun kini banyak lokasi wisata pantai jogja yang ramai dengan pengunjung, apalagi ketika musim liburan tiba. Tapi bagi kamu yang ingin berkunjung ke tempat wisata yang belum terlalu ramai dan ingin mendapatkan ketenangan di destinasi wisata yang kamu tuju, maka berkunjunglah ke Pantai Seruni yang ada di Gunungkidul.
Mendengar namanya saja mungkin baru kali ini terdengar di telingamu. Meskipun belum familiar namun pantai ini memiliki pesona tersendiri. Pantai yang tenang, sepi, memiliki pasir putih dan cocok digunakan untuk camping di waktu liburan. Sinyal komunikasi disana pun terbatas, jadi cocok untuk kamu yang ingin menyepi di sebuah destinasi wisata yang indah.

pantai seruni
pantai seruni

Pantai Seruni ini memiliki ombak yang tidak terlalu besar. Pasir putihnya juga membentang luas hingga 500 meter panjangnya. Tak jauh dari Pantai Seruni, terdapat air terjun kecil. Dari gemericik air terjun kecil itu, biasanya warga setempat memanfaatkan air tawarnya.
Banyak sekali aktivitas seru yang bisa Kamu lakukan ketika berkunjung ke Pantai Seruni. Jika Kamu suka bermain air, maka Pantai Seruni ini cocok untuk digunakan bermain air. Tak ada salahnya mendekat ke bibir pantai dan basah-basahan menghadang ombak yang datang. Namun jika Kamu malas basah-basahan, bersantai di tepi pantai juga bisa menjadi aktivits yang menyenangkan.
Pada sore harinya, Kamu bisa melihat pesona sunset yang sangat indah dari Pantai Seruni. Jika Kamu ingin melihat sunset, maka sebaiknya datang pada waktu siang hari. Jadi masih bisa mengejar sunset disana. Namun ketika Kamu memutuskan untuk pulang ke Jogja Kota pada malam harinya, pastikan lampu kendaraanmu dengan baik. Itu karena lampu jalan di sekitar Gunung Kidul hanya tersedia di beberapa titik.
Jika Kamu membutuhkan paket wisata jogja ketika akan pergi ke Pantai Seruni, maka Nagantour bisa menyediakannya dengan harga yang terjangkau!

SEJARAH PANTAI SERUNI

Sejarah Pantai Seruni atau asal usul Pantai Seruni awal mulanya nama itu diambil dari sebuah bunga, yaitu Bunga Seruni. Bunga Seruni ini memiliki istilah lain yaitu Chrysanthemun/chrysous yang artinya emas. Secara tersirat, nama yang berarti emas tersebut merupakan perwujudan bahwa tempat tersebut merupakan tambang emang bagi warga sekitar. Sepertinya nama tersebut memang benar adanya. Dengan dibukanya lokasi wisata Pantai Seruni, penduduk setempat bisa memiliki rejeki tambahan dari hasil berjualan di lokasi wisata.

LOKASI PANTAI SERUNI

Lokasi Pantai Seruni ini berada di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul. Untuk menuju ke pantai ini sebaiknya menggunakan roda dua agar lebih mudah sampai ke lokasi pantai. Meskipun tidak banyak orang yang tahu akan pantai ini, namun kini Pantai Seruni sudah dikelola dengan cukup baik. Pantai yang dulunya terkenal angker ini sudah memiliki akses jalan yang bisa dilalui kendaraan hingga bibir pantai. Jadi kamu tidak perlu jauh-jauh trekking. Sangat disarankan untuk kesana menggunakan kendaraan roda dua dengan kondisi yang prima karena akses menuju pantainya belum terlalu bagus.

rute pantai seruni
rute pantai seruni

RUTE PANTAI SERUNI

Rute Pantai Seruni ini mudah dijangkau oleh kendaraan roda dua. Ketika Kamu ingin kesana, pastikan kondisi kendaraan cukup prima agar tidak ada kendala selama perjalan. Karena ketika Kamu akan pergi ke Pantai Seruni, medan yang Kamu lewati cukup menantang. Jalanan menanjak dan berliku menjadi jalan utama untuk bisa sampai di Pantai Seruni.
Perjalanan ke Pantai Seruni dari Kota Yogyakarta biasanya lewat ringroad selatan dengan mengambil ke arah Jalan Imogiri Barat. Setelah itu ambil arah ke Siluk Panggang. Ikuti jalan tersebut hingga melewati Jalan Panggang-Wonosari. Setelah itu terus jalan menuju Jalan Pantai Selatan Jawa. Kemudian Kamu ambil arah melewati Jalan Pok Tonggal. Ketika sampai di pertigaan, ambil ke arah timur menuju ke Pantai Seruni. Ikuti terus jalan tersebut hingga sampai ke Pantai Seruni.

HARGA TIKET MASUK PANTAI SERUNI

Harga tiket masuk Pantai Seruni sangat terjangkau. Per orangnya hanya dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 10.000 saja. Dengan biaya yang murah tersebut, Kamu tak hanya bisa mengunjungi Pantai Seruni saja. Namun juga bisa berkunjung ke tempat wisata pantai yang ada di sekitar Pantai Seruni yaitu seperti Pantai Krakal, Pantai Baron dan Pantai Pok Tunggal.
Sedangkan untuk biaya parkirnya pun juga sangat terjangkau. Parkir sepeda motor hanya dikenakan biaya Rp 5.000 saja. Kemudian untuk biaya mobil hanya sebesar Rp 10.000. biasanya jika Kamu melakukan aktivitas camping di sekitar pantai akan dikenakan biaya retribusi sekitar Rp 15.000 saja. Namun itu optional tergantung ada petugas yang sedang berjaga di area pantai atau tidak.

FASILITAS PANTAI SERUNI

Meskipun pantai ini cukup sepi pada hari libur, namun fasilitas pantai seruni sudah cukup memadai. Terdapat kamar mandi, warung, hingga mushola. Jika kamu berniat untuk camping disana maka jangan lupa untuk menyiapkan terlebih dahulu perlengkapan camping dari rumah karena disana tidak ada penyewaan alat camping.

lokasi pantai seruni
Selain melakukan camping di tepi pantai, pantai ini menawarkan sisi keindahan lainnya. Pada waktu sore hari kamu bisa menikmati keindahan sunset. Ketika air sedang surut, terlihat jelas karang-karang dan biota laut yang indah. Keindahan pantai pasir putihnya, ombaknya yang cukup tenang, suasana asrinya dan beberapa bukit yang mengapit pantai itu membuat seakan-akan Pantai Seruni berada di sebuah pulau terpencil. Cocok untuk buat kamu yang ingin mencari tempat wisata yang sepi dan menjauh dari keramaian.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *