Pantai Watu Kodok – Pantai Asri nan Sepi

post-featured-image

Pantai Watu Kodok – Pantai Asri nan Sepi

Berwisata ke Pantai Watu Kodok adalah pilihan yang tepat jika Kamu ingin menikmati suasana pantai yang indah namun tidak terlalu banyak pengunjung. Meskipun banyak sekali wisata pantai Gunung Kidul lainnya, namun Pantai Watu Kodok ini sangan reccomended untuk Kamu kunjungi.

pantai watu kodok
pantai watu kodok

Pantai Watu Kodok ini salah satu pantai yang keindahannya masih sangat alami. Pantai tersebut memiliki bibir pantai dengan pasir putih yang panjang. Namanya yang kurang populer membuat wisatawan yang datang kesana pun tidak terlalu banyak. Jadi jika kamu kesana pada waktu musim liburan pun tetap akan bisa menikmati keindahan pantai tanpa terganggu dengan banyaknya wisatawan yang datang berkunjung.
Jika kamu ingin bermain-main air, jangan lupa untuk membawa baju ganti. Ombaknya yang tidak terlalu besar membuat Pantai Watu Kodok menyenangkan untuk digunakan berenang. Kamu pun juga bisa camping di area pantai. Biasanya pada waktu weekend akan banyak orang melakukan camping di area pantai.
Pada sore hari, air di sepanjang bibir pantai akan surut. Jika memang ingin berenang di sekitar pantai, maka pastikan kamu datang pada pagi hari untuk bisa berenang disana. Pantai Watu Kodok yang masih bersih dan asri membuat nyaman untuk melakukan aktivitas berenang. Namun jika Kamu malas basah-basahan, cukup duduk di pinggir bibir Pantai Watu Kodok pun sudah sangat menyenangkan.

Asal Usul Pantai Watu Kodok

Asal usul Pantai Watu Kodok sendiri pada mulanya karena di pantai itu ada bongkahan batu besar yang bentuknya konon seperti katak. Sehingga pantai itu diberi nama Pantai Watu Kodok. Dalam bahasa jawa batu itu watu dan katak itu kodok.
Pantai ini dikelilingi dengan bukit-bukit hijau yang berjajar. Jika kamu ingin menikmati Pantai Watu Kodok dari atas, bisa menaiki bukit tersebut dan lihatlah keindahan alam dari atas. Jangan lupa untuk menikmati matahari tenggelam dari atas tebing. Pemandangan pantai yang indah ditambah dengan sunset yang memukau pasti akan membuat liburanmu semakin berkesan.

Lokasi Pantai Watu Kodok

Lokasi Pantai Watu Kodok berada di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Lokasi pantai yang masih perawan ini berada di sebelah barat Pantai Sepanjang. Lokasinya yang berdekatan hanya dipisahkan dengan bukit yang kecil. Selain pemandangan pantai, disana pun Kamu juga bisa menikmati pemandangan tebing-tebing karst khas di daerah Gunung Kidul.
Lokasi Pantai Watu Kodok cukup mudah ditemukan. Jika Kamu kesulitan, maka gunakanlah GPS agar lebih mudah untuk kesana. Namun sepanjang rute menuju lokasi Pantai Watu Kodok telah tersedia papan petunjuk. Itu sangat memudahkan wisatawan menemukan lokasi Pantai Watu Kodok ketika ingin datang kesana.

 

Rute Pantai Watu Kodok

Rute menuju Pantai Watu Kodok cukup mudah dijangkau. Namun Kamu harus menggunakan kendaraan pribadi untuk menuju kesana. Jika tidak menggunakan kendaraan pribadi, bisa menggunakan jasa tour yang menyediakan paket wisata jogja murah. Hingga saat ini belum tersedia angkutan umum untuk kesana. Itulah mengapa masih sedikit wisatawan yang datang berkunjung ke Pantai Watu Kodok.

pantai watu kodok
pantai watu kodok

Rute yang biasanya dilalui ketika ke Pantai Watu Kodok adalah melewati Jalan Imogiri Barat. Setelah itu, ambil ke arah jalan Siluk Panggang. Lurus terus hingga mengikuti jalan Panggang-Wonosari.Lalu melewati jl pantai sel jawa ikuti jalan tersebut kemudian Anda akan melihat papan bertuliskan Pantai Watu Kodok. Pantai Watu Kodok ini searah dengan Pantai Indrayanti dan Pantai Baron.
Jarak Pantai Watu Kodok dari pusat kota Yogyakarta yaitu sekitar 60 kilometer. Untuk mencapai kesana diperlukan waktu hingga 2 jam perjalanan. Akses jalan menuju ke Pantai Watu Kodol juga sangat bagus. Jalanan sudah beraspal dan lebar sehingga bisa dilalui kendaraan besar. Namun sayangnya masih jarang terdapat lampu jalan sehingga ketika malam hari akan minim pencahayaan di daerah tersebut. Buat Kamu yang ingin kesana, usahakan berangkat pagi dan pulang sebelum maghrib agar lebih aman ketika berada di perjalanan.
Di sepanjang perjalanan, Kamu akan melihat pemandangan yang memanjakan mata. Di kanan dan kiri terdapat hamparan sawah, kebun dan sesekali diselingi tebing karst. Pemandangan indah seperti itulah yang membuat perjalanan semakin asyik dan tidak melelahkan meskipun jaraknya cukup jauh. Ketika sudah sampai di Pantai Watu Kodok, perjalanan jauhmu menuju kesana akan terbayarkan dengan pemandangan pantai yang indah.

 

Fasilitas Pantai Watu Kodok

Fasilitas Pantai Watu Kodok bisa dibilang cukup lengkap. Meskipun wisata pantai Gunung Kidul ini kurang terkenal di kalangan wisatawan, namun fasilitasnya cukup memadai. Beberapa fasilitas yang ada disana seperti tempat untuk beristirahat atau gazebo, warung makanan atau minuman, kamar mandi, area parkir yang luas, mushola, hingga terdapat penyewaan tikar. Dengan fasilitas yang cukup memadai ini, menjadikan pengunjung semakin nyaman ketika berwisata kesana.

pantai watu kodok
pantai watu kodok

Harga Tiket Masuk Pantai Watu Kodok

Harga tiket masuk Pantai Watu Kodok sangat terjangkau. Bagi wisatawan yang ingin berkunjung kesana, akan ditarik biaya atau tiket masuk sebesar Rp. 5000 per orang. Kemudian untuk parkirnya dikenakan biaya Rp. 3000 untuk kendaraan motor dan Rp. 5000 jika menggunakan kendaraan mobil.
Bagi Kamu yang ingin bermalam di Pantai Watu Kodok, bisa juga untuk mendirikan tenda atau camping di bibir pantai. Biasanya akan dikenakan biaya retribusi jika ingin camping di area Pantai Watu Kodok. Untuk retribusinya berkisar Rp 10.000-Rp 15.000 per orangnya. Biaya tersebut sebagai biaya uang kebersihan dan keamanan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *