Asyiknya Camping di Padang Rumput Pantai Wohkudu

post-featured-image

Asyiknya Camping di Padang Rumput Pantai Wohkudu

 

Wisata jogja pantai di Gunungkidul sekarang ini semakin populer di kalangan wisatawan. Hal itu karena fasilitas yang semakin lengkap di kawasan wisata Gunungkidul, akses yang semakin mudah, hingga pengaruh dari media sosial. Di akun-akun media sosial, semakin banyak orang-orang yang mengunggah kunjungan wisata mereka ke pantai Gunungkidul. Akibatnya, orang yang melihat postingan itu lebih tertarik untuk berkunjung ke Pantai dan lokasi wisata lainnya di Gunungkidul.

camping di pantai wohkudu
camping di pantai wohkudu

Ramainya kunjungan wisatawan memang berdampak bagus bagi ekonomi masyarakat sekitar. Namun sebagai seorang wisatawan, pastinya banyak yang merasa kurang nyaman berkunjung ke tempat wisata yang terlalu ramai. Jika Kamu adalah salah satunya, maka Kami merekomendasikan sebuah pantai di Gunungkidul yang masih alami dan masih sedikit wisatawan yang berkunjung kesana. Pantai tersebut adalah Pantai Wohkudu.

 

Pantai Wohkudu ini masih sangat asri dan memiliki pemandangan indah. Meskipun garis pantainya tidak begitu panjang, namun pasir putihnya membuat Pantai Wohkudu tetap terlihat cantik. Apalagi pantai Wohkudu ini diapit dengan bukit karang yang tinggi, membuat pemandangan disekelilingnya semakin mempesona. Dengan lokasi yang tersembunyi diantara dua karang itu seolah-olah membuatmu terasa terpenjara di sebuah pantai yang jauh dari kehidupan luar.

 

Lokasi Pantai Wohkudu yang cukup mblusuk membuat sinyal komunikasi disana pun kurang lancar. Hanya beberapa provider selulur saja yang memiliki jaringan cukup bagus. Namun itu ada segi baiknya juga. Dengan mengunjungi lokasi wisata yang susah sinyalnya, Kamu bisa fokus liburan tanpa sibuk untuk bermedia sosial.

Lokasi pantai wohkudu
Lokasi pantai wohkudu

Nikmatilah waktumu ketika berkunjung kesana. Jika bosan hanya duduk santai menikmati pemandanga, Kamu pun bisa mengeksplorasi bukit-bukit yang ada di sekitar. Naik ke atas bukit dan melihat pemandangan dari atas bukit mungkin juga sebuah ide bagus. Pemandangan pantai akan lebih indah jika dilihat dari atas bukit.

 

Jika air sedang surut, terlihat rumput laut dan karang-karang kecil di sekitar pantai. Menariknya lagi, tak jauh dari kawasan bibir pantai, terdapat rerumputan hijau yang cukup luas. Biasanya pengunjung yang berniat untuk camping akan memilih spot tersebut sebagai lokasi mendirikan tenda. Lokasi rerumputan itu memang paling cocok untuk mendirikan tenda. Selain karena angin terhalang oleh tebing, di lokasi rerumputan itu juga tanahnya rata. Sehingga akan lebih nyaman jika Kamu mendirikan tenda disana.

 

Ombak yang ada di Pantai Wohkudu juga tidak begitu ganas. Kamu bisa berenang atau berbasah-basahan sambil lari mengejar ombah. Pantai Wohkudu ini seakan-akan adalah private place milik Kamu sendiri.  Wisatawan yang datang kesana tidak terlalu banyak. Sehingga Kamu bisa bebas mengeksplorasi apapun yang ada disana. Tapi tetap, lingkungan harus dijaga!

 

 

 

Lokasi Pantai Wohkudu

Lokasi Pantai Wohkudu berada di Kampung Nglaos, Dukuh Wiroso, Desa Girikerto, Kecamatan Panggang, Gunungkidul, Yogyakarta. Pantai yang masih sepi ini lokasinya memang agak mblusuk. Namanya pun belum terlalu terkenal di kalawangan wisatawan. Namun cocok untuk kegiatan camping dan banyak orang yang sudah kesana mengatakan kalau pantai ini seperti private beach. Lokasi tepatnya terletak di sebelah timur Pantai Kesirat. Perjalanan menuju kesana bisa ditempuh menggunakan kendaraan pribadi dengan waktu sekitar dua jam perjalanan jika  ditempuh dari Kota Jogja.

 

Rute Pantai Wohkudu

Untuk menuju ke Pantai Wohkudu, rutenya memang agak sedikit susah. Jadi Kamu harus berjaga-jaga dan menggunakan Google Maps agar tidak nyasar. Kamu juga jangan sungkan untuk bertanya kepada warga sekitar. Rute Pantai Wohkudu dari Kota Yogyakarta bisa  Kamu lalui lewat Ringroad Selatan. Setelah itu ambil arah ke Jalan Imogiri Barat. Lanjutkan perjalanan hingga ke arah Jalan Imogiri Siluk. Kemudian teruskan hingga masuk ke Jalan Siluk Panggang. Lalu lewat di jalan Panggang Wonosari. Setelah itu Kamu akan melalui Jalan Pantai Selatan. Perhatikan papan petunjuk jalan dan ikuti ke arah Pantai Wohkudu.

rute pantai wohkudu
rute pantai wohkudu

 

Setelah sampai di lokasi parkir Pantai Wohkudu, pengunjung harus trekking terlebih dahulu sekitar 10 menit dan menuruni jalan setapak yang cukup menantang. Perjalanan trekking akan menantang karena jalan setapak didominasi dengan semak belukar dan batu karang yang tajam. Jadi untuk kamu yang ingin kesana jangan gunakan sepatu atau sandal yang licin. Paling aman menggunakan sepatu atau sandal outdoor yang anti selip sehingga aman saat digunakan trekking.

 

Harga Tiket Masuk Pantai Wohkudu

 

Harga tiket masuk Pantai Wohkudu cukup terjangkau. Untuk tiket masuk menuju kawasan wisata pantai, Kamu akan dikenakan biaya Rp. 10.000 per orangnya. Namun untuk masuk ke area Pantai Wohkudu ini, Kamu perlu membeli tiket lagi. Murah kok, hanya Rp. 2.000 saja per orang. Kemudian jika Kamu ingin berkemah, biasanya akan ada biaya tambahan. Kisaran tarifnya yaitu Rp. 15.000-Rp. 30.000.

harga tiket masuk pantai wohkudu
harga tiket masuk pantai wohkudu

Kemudian untuk tarif parkir di Pantai Wohkudu, bagi yang menitipkan motor dikenakan tarif Rp. 2000. Sedangkan jika motornya sampai menginap, biayanya menjadi Rp. 7.000. Lalu untuk tarif mobil yang tidak menginap yaitu sebesar Rp. 5.000. Dan mobil yang menginap sebesar Rp. 15.000. Cukup terjangkau kan harga tiket dan parkirnya.

 

Fasilitas Pantai Wohkudu

 

Sekarang ini di Pantai Wohkudu sudah dilengkapi beberapa fasilitas seperti warung, kamar mandi, hingga tempat untuk sholat. Jadi jangan khawatir meskipun lokasinya terpencil, kamu bisa tetap liburan dengan nyaman. Jika memang berniat untuk camping, maka datanglah pada waktu sore hari. Kamu bisa menikmati keindahan sunset di Pantai Wohkudu. Malam harinya, bintang-bintang bertaburan dengan jelas di langit karena polusi cahaya disana sangat minim. Siapkan tripod jika kamu ingin berburu foto milkyway.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *