Berwisata di Taman Hutan Raya (Tahura)

post-featured-image

Berwisata di Taman Hutan Raya (Tahura)

Ketika akan berwisata di daerah Gunungkidul apakah kamu pasti akan melewati kawasan hutan lebat. Kawasan hutan itu bernama Taman Hutan Raya (Tahura) Gunung Kidul. Selain digunakan untuk konservasi lingkungan, ternyata Tahura ini juga dibuka untuk berwisata. Jadi buat kamu yang kebetulan akan wisata ke Gunungkidul dan lewat di Tahura yang lokasinya di pinggir jalan, mungkin kamu bisa mampir kesana untuk berwisata.
Taman Hutan Raya (Tahura) Gunung Kidul diresmikan pada tahun 2012 oleh Gubernur DIY yaitu Sri Sultan Hamengkubuwono. Kawasan Taman Hutan Raya (Tahura) ini merupakan kawasan hutan yang sejak tahun 1999 dikelola oleh Balai konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Yogykarta bersama kelompok tapi yang berada di sekitar daerah tersebut.

rute taman hutan raya bunder
rute taman hutan raya bunder

Kawasan Tahura memiliki luas mencapai 634 hektar dengan macam-macam jenis flora dan fauna yang ada didalamnya. Tak heran jika sedang melintas di area Tahura tersebut, suasana sejuk akan langsung terasa. Wisata Tahura ini juga merupakan wisata yang cocok untuk dikunjungi bersama keluarga. Jika Kamu ingin mencari wisata keluarga di Yogyakarta, maka bisa datang ke lokasi wisata Tahura ini.
Keistimewaan Tahura ini adalah keeksotisan landscape-nya yang masih alami. Apalagi disana juga terdapat penangkaran rusa. Terdapat area seluas 6,2 hektar yang menjadi area penangkaran Rusa Timor (Cervus Timorensis). Kurang lebih terdapat 30 Rusa Timor yang ada disana. Kemudian disana juga terdapat area Arboretum seluas 10,7 hektar yang memiliki berbagai macam jenis tanaman.
Selain sebagai lokasi wisata, Taman Hutan Raya (Tahura) ini juga dijadikan sebagai lokasi penelitian. Dengan beragamnya flora dan fauna yang ada disana, banyak mahasiswa dan peneliti datang untuk melakukan penelitian. Disana juga terdapat beragam vegetasi tumbuhan yang menarik. Salah satu tumbuhan yang unik yaitu disana terdapat vegetasi tumbuhan yang meranggas pada saat musim kemarau. Sehingga pemandangan pada waktu musim kemarau akan sangat menakjubkan. Tapi meskipun kemarau sekalipun, bagian tepi hutan ini akan tetap selalu hijau. Hal itu karena terdapat aliran sungai Oyo yang dekat dengan Taman Hutan Raya. Berbagai macam bibit tumbuhan yang ada disana yaitu seperti tanaman jati, kayu putih, mahoni, hingga jambu mete.
Jadi buat kamu yang ingin membawa anak-anak dan keluarga, Tahura adalah lokasi yang tepat untuk mengajak mereka lebih dekat dengan alam. Selain bisa menikmati keindahan alam, kamu pun bisa belajar mengenal berbagai macam satwa dan flora yang ada disana. Biasanya, Taman Hutan Raya (Tahura) ini sering dijadikan sebagai lokasi untuk camping oleh para mahasiswa. Tak jarang juga digunakan sebagai tempat untuk acara perusahaan untuk melakukan kegiatan team building dan outbond. Disana terdapat berbagai wahana outbond yang cukup lengkap. Sehingga menambah keseruan pengunjung yang datang kesana.

Lokasi Taman Hutan Rakyat (Tahura)

Lokasi Taman Hutan Rakyat (Tahura) ini tepatnya berada di Desa Gading, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Berlokasi di Jalan Jogja-Wonosari, membuat lokasi wisata yang strategis ini sayang sekali untuk dilewatkan. Lokasi wisata jogja terhits ini juga berada tepat di pinggir jalan yang searah dengan rute dari Jogja ke Gunungkidul. Jadi jika Kamu sedang berlibur dari Gunung Kidul, bisa juga mampir sejenak ke destinasi wisata ini.

Rute Taman Hutan Rakyat (Tahura)

Perjalanan dari Kota Jogja menuju ke lokasi wisata Tahura membutuhkan waktu sekitar satu jam perjalanan. Karena aksesnya yang mudah dan berada di pinggir jalan, kamu pun bisa menggunakan kendaraan motor atau mobil. Kendaraan besar seperti bus pun bisa masuk ke area wisata sehingga mudah untuk membawa rombongan banyak.
Rute menuju Taman Hutan Raya (Tahura) ini sangat mudah dijangkau. Jika Kamu dari Kota Yogyakarta, maka pilih rute ke arah ringroad Timur. Setelh itu, ikuti ke arah Jalan Wonosari. Lanjutkan perjalanan mengikuti Jalan Wonosari hingga melewati Bukit Bintang. Jalan terus hingga di kiri jalan Kamu menemukan sebuah area yang rindang dan pepohonan. Itu artinya Kamu sebentar lagi akan sampai di lokasi Taman Hutan Raya (Tahura) Gunung Kidul.

lokasi taman hutan raya bunder
lokasi taman hutan raya bunder

Secara umum, jalan menuju Tahura ini cukup mudah untuk dilalui. Tipe jalan menuju kesana juga mulus dan lebar. Jalnaan sudah full aspal sehingga perjalan menuju kesana pun akan terasa nyaman. Namun di beberapa titik, Kamu akan menemukan tanjakan. Harus ekstra hati-hati jika melewati jalan yang seperti itu. Kamu juga perlu memastikan bahwa kendaraan yang Kamu bawa dalam kondisi baik.

Harga Tiket Masuk Taman Hutan Rakyat (Tahura)

Untuk harga tiket masuk Taman Hutan Rakyat (Tahura) dapat dibilang cukup terjangkau. Untuk tiket masuknya dipatok biaya sebesar Rp 10.000 per orang. Sedangkan jika kamu ingin naik ke wahana outbond akan dikenakan biaya lagi sebesar Rp 10.000-Rp. 15.000 per wahana. Sedangkan harga tiket parkirnya untuk kendaraan roda dua atau motor dikenakan biaya Rp 5000. Kemudian untuk tarif parkir mobil sebesar Rp. 10.000 saja.

harga tiket masuk taman hutan raya bunder
harga tiket masuk taman hutan raya bunder

Fasilitas Taman Hutan Rakyat (Tahura)

Soal fasilitas, tempat ini termasuk memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Jadi kamu yang ingin berwisata kesana tidak usah khawatir lagi soal fasilitas. Berbagai macam fasilitas Taman Hutan Raya (Tahura) antara lain yaitu adanya toilet umum, area parkir yang luas, camping area, serta warung makan. Di sekitar Taman Hutan Raya (Tahura) ini juga terdapat penginapan atau guest house. Sedangkan aktivitas permainan yang ada disana diantaranya yaitu area outbond hingga permainan paintball.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *