Telaga Biru Semin – Wisata Alam Baru di Gunung Kidul yang Instagramble

post-featured-image

Telaga Biru Semin – Wisata Alam Baru di Gunung Kidul yang Instagramble

 

Beberapa waktu lalu di media sosial ramai dengan postingan foto seseorang yang sedang berkunjung ke sebuah telaga biru yang indah. Dari lokasinya berada di Gunungkidul. Namun dari foto yang terlihat sepertinya itu merupakan destinasi wisata. Usut punya usut ternyata memang benar, lokasi foto destinasi wisata berupa sebuah telaga biru yang sedang ramai di media sosial itu memang destinasi wisata baru yang bernama Telaga Biru Semin.

telaga biru semin
telaga biru semin

Tak banyak orang yang familiar dengan telaga biru Semin. Namun destinasi wisata ini sempat viral beberapa waktu yang lalu. Kawasan ini mulai ramai dikunjungi wisatawan sejak foto-foto telaga tersebar di media sosial. Namun sayangnya, lokasi wisata jogja murah tersebut belum dikelola dengan profesional. Akses menuju kesana pun juga sedikit susah.

Sejarah Telaga Biru Semin

Sejarah telaga biru Semin atau asal usul telaga biru Semin dulunya merupakan lokasi tambang batuan putih di Daerah Semin. Kemudian dari aktivitas tambang itu, danau-danau yang terbentuk dari bekas galian tambang yang terisi oleh air hujan. Menariknya air di danau atau telaga itu berwarna biru kehijauan. Sehingga cukup cantik ketika difoto atau istilah jaman sekarang itu Instagramable.
Bahkan di beberapa portal berita online disebutkan bahwa telaga biru Semin ini adalah Raja Ampatnya Gunung Kidul. Perumpamaan itu karena keindahan telaga biru Semin ini mirip dengan pemandangan Raja Ampat jika dilihat dari foto. Namun tentu saja sangat berbeda pada realitasnya.

Lokasi Telaga Biru Semin

Lokasi Telaga Biru Semin ini berada di Desa Candirejo, Kecamatan Semin, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Meskipun tergolong obyek wisata jogja terbaru, namun dari waktu ke waktu semakin banyak wisatawan yang berdatangan. Akses jalan menuju kesana cukup menantang. Jika terlalu susah menemukan lokasinya, kamu bisa mengandalkan google maps untuk bisa sampai di lokasi.

telaga biru semin
telaga biru semin

Jangan lupa juga untuk bertanya kepada warga sekitar apabila Kamu merasa kesusahan mencari lokasi telaga biru Semin. Karena wisata ini juga belum terlalu populer, plang menuju tempat wisata pun terbatas. Namun tak terlalu sulit juga untuk menemukan lokasi wisata telaga biru semin ini.

Fasilitas Telaga Biru Semin

Fasilitas telaga Biru Semin ini kurang lengkap karena hingga saat ini tempat wisata jogja murah meriah ini belum dikelola dengan baik. Beberapa fasilitas yang ada disana yaitu mulai dari area parkir, mushola, kamar mandi. Sepertinya pemerintah setempat dan kelompok sadar wisata (pokdarwis) disana belum memaksimalkan wisata ini dengan baik. Padahal jika dikelola dengan serius, bisa jadi telaga biru semin dapat berubah menjadi destinasi wisata yang populer.
Telaga Biru Semin ini juga mirip dengan wisata tebing breksi. Dulunya adalah lokasi penambangan bebatuan. Namun karena dikelola secara serius dan profesional, kini tebing breksi menjadi destinasi wisata yang sangat populer. Bahkan ketika hari libur tiba selalu ramai dipadati pengunjung.

Rute Telaga Biru Semin

Rute telaga biru Semin cukup mudah ditemukan. Lokasinya yang berbatasan dengan Gunung Kidul dan Sukoharjo membuat Kamu bisa memiliki dua opsi rute. Estimasi sampai ke lokasi telaga biru semin yaitu sekitar 2 jam perjalanan. Bisa Kamu tempuh melalui Jalur Utara maupun jalur Selatan.
Untuk jalur Utara, dari Kota Yogyakarta ambil arah ke Jalan Solo. Setelah itu ikuti jalan lurus ke arah Prambanan. Kemudian lurus terus hingga masuk ke daerah Sukoharjo. Terdapat perbatasan Sukoharjo dan Gunungkidul. Disitu ambil jalan cor blok dan ikuti jalan. Tak lama kemudian, Kamu akan sampai di Telaga Biru Semin.
Sedangkan untuk rute kedua, Kamu bisa lewat Jalur Selatan. Jalur ini sepertinya lebih familiar untuk wisatawan baru. Dari arah kota Yogyakarta, ambil jalan ke arah Jalan Wonosari. Lurus terus hingga ke arah Bukit Bintang. Setelah itu ke arah Sabipitu, Lanud TNI AU Gading, hingga ikuti jalan ke Pasar Karangmojo. Jalan terus ke utara dan di pertigaan Kepil, ambil arah ke kanan atau arah Semin. Kemudian cari arah ke Pasar Semin dilanjutkan ke arah Ngentak Candirejo. Tibalah kami di telaga Biru Semin.

Harga Tiket Masuk Telaga Biru Semin

Harga tiket masuk telaga biru Semin yaitu FREE alias gratis. Kawasan wisata ini memang tidak dikelola secara khusus. Sehingga orang yang datang kesana pun tidak dikenakan biaya. Namun fasilitas yang tersedia juga minim. Maka jangan heran ya kalau fasilitas disana pun seadanya. Kamu tak bisa protes juga karena harga tiket masuknya pun gratis.
Namun terkadang ketika waktu liburan tiba dan ramai pengunjung, maka akan ada beberapa orang yang berjaga parkir. Biaya parkirnya pun standar tidak dimahal mahalkan. Buat Kamu yang ingin mencari alternatif tempat wisata, maka bisa datang ke telaga biru Semin. Wisata yang sangat murah bahkan gratis. Namun cukup indah dan Instagramable. Lumayan kan buat upload di sosmed.

Waktu yang Tepat berkunjung ke Telaga Biru Semin

Waktu yang tepat untuk berkunjung ke telaga biru Semin yaitu ketika sudah mulai musim hujan tiba. Pada waktu itu, telaga biru Semin sudah terisi oleh air. Sehingga akan terlihat lebih indah. Karena air pada telaga adalah air hujan, maka ketika musim kemarau kondisi telaga akan mengering. Banyak wisatawan yang salah datang kesana. Mereka datang pada musim kemarau dan akhirnya kecewa karena tidak air di telaga biru Semin malah mengering.

lokasi telaga biru semin
lokasi telaga biru semin

Kemudian jika Kamu kesana, jangan lupa untuk datang pada waktu pagi atau sore hari. Hal itu agar membuat kunjunganmu kesana lebih nyaman. Pada waktu siang hari udara disana cukup panas. Sehingga akan mengurangi kenyamananmu ketika kesana pada waktu siang hari.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *