Menikmati Sunrise & Sunset di Watu Payung Gunung Kidul

post-featured-image

Menikmati Sunrise & Sunset di Watu Payung Gunung Kidul

Melihat pemandangan pepohonan yang kehijauan selalu membuat mata terasa lebih segar. Di kota tentu saja tidak bisa melihat pemandangan kehijauan karena ruang hijau di kota memang terbatas. Jika kamu penat dari aktivitas pekerjaan, cobalah untuk berlibur ke Gunungkidul. Gunungkidul punya banyak sekali lokasi wisata yang bisa memanjakan mata dan pikiranmu. Salah satunya adalah lokasi wisata yang ada di GeoForest Turunan Watu Payung Gunung Kidul.

lokasi watu payung
lokasi watu payung

Geoforest Turunan Watu Payung Gunungkidul ini merupakan hutan konservasi yang dibuka untuk destinasi wisata. Nama Watu Payung diambil dari ikon obyek wisata yang berupa batu berukuran besar dan melebar seperti payung. Di Watu Payung terdapat beberapa spot foto yang sangat instagramable. Jadi untuk kamu yang suka berfoto-foto, ini adalah tempat yang tepat. Karena selain banyak spot foto yang instagramable, juga pemandangannya indah untuk dinikmati. Tarif spot foto yang ada di lokasi wisata jogja gunungkidul juga seikhlasnya. Jadi jika Kamu ingin foto di banyak spot pun minimal dompetmu tetap aman.
Dari lokasi Watu Payung ini Kamu bisa menikmati keindahan wilayah Gunung Kidul dan pegunungan sewu yang mengelilinginya. Pemandangan dari atas sangat indah sekali sehingga membuatmu betah ketika berada disana. Udara di Watu Payung juga cukup sejuk pada siang hari. Sehingga Kamu tetap bisa menikmati liburan disana meskipun datang pada waktu siang hari.
Waktu paling tepat untuk ke wisata Watu Payung adalah ketika pagi hari. Kamu bisa datan lebih pagi untuk melihat matahari terbit. Karena lokasinya yang cukup tinggi, tempat tersebut cocok untuk menikmati sunrise. Terkadang kawasan tersebut juga diselimuti kabut-kabut tipis sehingga membuat suasa lebih indah.
Jika Kamu susah bangun pagi, maka tak ada salahnya kok untuk berkunjung ke Watu Payung ini pada sore hari. Lokasi Watu Payung yang berada di ketinggian akan membuat suasana sore hari disana terasa lebih indah. Kamu bisa menikmati pemandangan indah matahari tenggelam dipadupadankan dengan view perbukitan.

rute watu payung
rute watu payung

Karena jalan menuju Watu Payung ini agak sedikit berbatu, maka jika Kamu datang kesana pada waktu hujan akan sedikit lebih licin. Buat jaga-jaga, gunakanlah alas kaki yang nyaman dan anti licin. Sehingga bisa lebih safety.
Buat Kamu yang suka berfoto-foto, jangan lupa untuk membawa kamera untuk berfoto-foto dengan background pepohonan yang indah. Jadi jika kamu ingin kesana, pastikan kamu kesana di waktu yang tepat! Yaitu saat cuaca cerah dan tidak hujan.
Jika Kamu ingin ke Watu Payung, sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi. Itu adalah cara yang mudah karena kendaraan umum belum sampai di area tersebut. Untuk Kamu yang berasal dari luar kota, sebaiknya menggunakan jasa sewa mobil jogja. Namun jika ingin lebih nyaman dan bebas ribet, Kamu bisa menggunakan paket wisata jogja. Goldentour bisa menjadi partner perjalananmu ke Watu Payung atau destinasi wisata lainnya di Jogja.

Lokasi Watu Payung

Lokasi Watu Payung berada di sebelah barat kawasan Geopark Gunung Sewu. Lokasi tepatnya wisata Watu Payung ini adalah di kawasan hutan perbukitan karst di Padukuhan Turunan, Desa Girisuko, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Untuk menuju kesana dari Kota Jogja dibutuhkan waktu lebih dari satu jam perjalanan. Kamu bisa menggunakan sepeda motor atau mobil untuk sampai di lokasi wisata. Jalan menuju kesana sudah cukup bagus meskipun terkadang berkelok-kelok di beberapa titik. Namun perjalanan panjang akan terbayarkan dengan pemandangan yang indah.

Rute Watu Payung

Rute menuju Watu Payung cukup mudah ditemukan. Jika dibandingkan dengan wisata lainnya yang berada di Gunungkidul, jarak lokasi Watu Payung ini dengan pusat kota Jogja juga tidak terlalu jauh. Estimasi jaraknya yaitu sekitar 30 kilometer.
Jika Kamu ingin ke Watu Payung, maka Kamu bisa menuju ke arah ringroad selatan dari Kota Jogja. Kemudian ambil jalan yang mengarah ke Jalan Imogiri Barat. Lurus terus hingga terdapat pertigaan ke timur yang mengarah Jalan Bakulan Imogiri. Lanjutkan perjalanan dan lurus hingga melewati pertigaan ke Jalan Imogiri Siluk. Ikuti terus jalan tersebut menuju Jalan Siluk Panggang. Tak jauh dari situ maka Kamu akan sampai di obyek wisata Watu Payung Gunung Kidul.

Harga Tiket Masuk Watu Payung

Harga tiket masuk Watu Payung juga sangat murah. Hanya Rp.6000 per orangnya. Dengan harga tersebut, Kamu sudah bisa menikmati pemandangan indah yang ada di wisata jogja baru Watu Payung. Selain itu, jika Kamu ingin foto di beberapa spot foto hits disana, Kamu akan diminta untuk mengisi kotak sumbangan. Uang yang terkumpul tersebut akan digunakan untuk pembangunan spot foto baru lainnya yang ada disana.

harga tiket masuk watu payung
harga tiket masuk watu payung

Untuk tarif parkir yang ada disana juga sangat terjangkau. Jika ingin memarkirkan motor atau kendaraan roda dua, Kamu akan dikenakan tarif Rp. 3000 per kendaraan. Sedangkan jika Kamu menggunakan mobil, maka akan dikenakan tarif sekitar Rp. 5000 per mobil.

Fasilitas Watu Payung

Untuk fasilitas Watu Payung bisa dibilang cukup lengkap. Saat ini sudah ada fasilitas umum seperti kamar mandi, area parkir, warung-warung, mushola, hingga gazebo yang bisa digunakan untuk bersantai. Fasilitas yang ada di Watu Payung semakin mempernyaman pengunjung yang datang kesana. Sehingga akan terasa nyaman berlama-lama disana. Akses parkir dan jalan di area Watu Payung juga cukup bagus. Jadi untuk Kamu yang ingin menggunakan mobil, Watu Payung bisa menjadi destinasi pilihan. Jalannya bisa dilalui mobil dan parkirnya pun cukup mudah!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *